Skip to main content
NEWS PARIWISATA KALTIM

Setelah bertahan di 100 Besar kini Desa Wisata Pulau Derawan Kab. Berau dan Wisata Nipah-Nipah Kab. PPU Lolos 5 Besar Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 yang sudah masuk 50 besar desa wisata. Dari 50 desa yang lolos, diantaranya merupakan desa wisata yang ada di Kalimantan Timur yaitu Desa Wisata Pulau Derawan, Kabupaten Berau dan Desa Wisata Kelurahan Nipah-nipah, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Ririn Sari Dewi, sangat mengapresiasi atas lolosnya dua Desa Wisata yang ada di Kaltim.

“Kita apresiasi Dinas Pariwisata Kabupaten PPU dan Dinas Pariwisata Kebudayaan Berau bahwa Desa Wisata Nipah-Nipah di PPU dan Desa Wisata Pulau Derawan di Berau bisa masuk di 50 besar desa wisata unggulan di ADWI 2024” ujar Ririn.

Setelah sebelumnya bertahan di 300 besar pada ADWI 2024 ada 12 desa wisata Provinsi Kallimantan Timur yang lolos yaitu meliputi Kukar ada 2 desa wisata, Berau 7 desa wisata, PPU ada 1 desa wisata dan Balikpapan ada 2 desa wisata.

Ririn juga menyampaikan Ini merupakan prestasi yang luar biasa, banyak kemajuan di pariwisata unggulan yang dengan tak lain desa wisata menuju pariwisata hijau berkelas dunia. Dan ini terseleksi dari 6.016 peserta ADWI 2024, Kaltim bisa masuk dalam 50 besar.

“Tentunya kita harapkan di tahun 2025 di seluruh Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Timur bisa masuk di ADWI. Di harapkan pengembangan desa wisata unggulan ini bisa memberikan stimulus desa wisata lain dengan sistem mentoring bagi pengola desa wisata yang sudah maju” pungkas Ririn.

Perjalanan ADWI 2024 telah memasuki babak akhir kurasi. Untuk sampai ditahap ini, proses yang diikuti oleh peserta cukup berat karena harus bersaing. Sehingga banyak dari dari penggiat desa wisata menunjukan pesona terbaik serta keunggulan dari masing-masing peserta ADWI 2024.

Sumber: @anugerahdesawisataindonesia

Leave a Reply

Close Menu