Skip to main content
NEWS PARIWISATA KALTIM

Uji Kompetensi dan Sertifikasi Pelaku Management Event MICE Tahun 2024

By April 22, 2024No Comments

Senin, 22 April 2024,  Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, membuka Pelatihan Berbasis Uji Kompetensi dan Sertifikasi Pelaku Management Event MICE Tahun 2024 di Swiss-Bel Hotel Samarinda,   Industri MICE atau Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions adalah bagian terpenting dari pertumbuhan pariwisata Indonesia, karena melibatkan banyak stakeholders terkait penyelenggaraan MICE. Wisatawan MICE memiliki pengeluaran (spending power) 7x lebih besar daripada wisatawan biasa.
Untuk Kaltim, hal ini dikaitkan dengan upaya menyiapkan SDM pariwisata terutama di Kota Samarinda dan Balikpapan sebagai penyangga IKN, guna menyiapkan SDM terampil untuk menyongsong semakin banyaknya penyelenggaraan event-event nasional maupun international di Kaltim. Asesi/peserta sebanyak 30 orang yang terdiri dari perwakilan EO, PCO, PEO, hotel dan destinasi wisata di Kalimantan Timur. Proses uji kompetensi sesuai SKKNI, terdiri atas; persyaratan portfolio, interview, perangkat assesment teori dan praktek.
Uji kompetensi dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata (LSP) Rajawali Hospitality Nusantara dengan mendatangkan 4 assesors.

Leave a Reply

Close Menu