Skip to main content
Berita

Optimalisasi Konten Digital Untuk Kenalkan Kaltim : 1000 SDM akan ikuti Pelatihan

By Maret 20, 2022No Comments

Samarinda, dalam kegiatan bimtek “Optimalisasi Konten Digital untuk Pengembangan Industri Parekraf Kaltim dalam menyambut IKN” yang dilakukan di Hotel Harris, 15 Maret 2022, dr. Intan Rizky Mutiaz, M.Ds selaku wakil dekan Fakultas Seni Rupa dan Design Institut Teknologi Bandung berkesempatan untuk menyampaikan materi mengenai pemanfaatan design visual untuk mempromosikan pariwisata dan mengembangkan ekonomi kreatif melalui konten digital.

Intan mengungkapkan jika Kalimantan Timur masih mempunyai banyak hal yang belum di eksplorasi secara maksimal melalui content creator. Intan melihat masih banyak peluang untuk menjadi digital content creator melalui content pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saya rasa, konten digital yang berdurasi pendek masih kurang di Kalimantan Timur, padahal content tersebut dapat menjangkau lebih banyak audience karena memiliki durasi yang pendek” Ujar Intan.

Dalam membuat konten, Intan menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh content creator.

“Membuat content digital itu ada beberapa hal yang harus ditentukan, mulai dari target konsumen, waktu dan sumber daya. Dan lagi, membuat content digital tidak wajib menggunakan kamera. Maksimalkan penggunaan smartphone untuk membuat konten, karna penggunaan smartphone menghadirkan pengalaman praktis” ungkap Intan.

Intan menambahkan jika sekarang banyak aplikasi yang menawarkan template untuk pembuatan content digital, sehingga content creator dapat menggunakannya untuk kebutuhan sosial media.

“Sekarang banyak aplikasi yang menyediakan template-template khusus untuk kebutuhan update sosial media. Mencari inspirasi untuk content juga sekarang dapat melalui aplikasi” Ujar Intan.

Menyambut gagasan yang di paparkan oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dr. Ir. Hetifah Sjarifuddin, Intan pun menyetujui akan melakukan pelatihan 1.000 digital content creator di Kalimantan Timur.

“Saya punya rencana untuk mengadakan pelatihan 1000 digital content creator yang akan dilakukan pada bulan Agustus atau September” tutup Intan.

Close Menu