Skip to main content
Berita Terkini

Dialog Pengembangan Destinasi Wisata Masa Pandemi

By March 18, 2022No Comments

The Highland Park Resort Bogor, 16 Maret 2022. Tepat di pukul 13.25 WIB ‘Dialog Pengembangan Destinasi Wisata Masa Pandemi” dibuka Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur (Sri Wahyuni). ”Tujuan Dialog ini, selain sharing. Kita mempunyai semangat yang sama membangun pariwisata di masa pandemi. Harus kreatif tidak boleh pasif. Jawa Barat kita pilih, karena tetap berhasil membuat destinasi baru dan bermutu” ucap Sri Wahyuni.

Berikutnya,Henny Smith mewakili DPD PUTRI (Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia) Jawa Barat sekaligus owner Glamorous Camping(Glamping) Maribaya Tent Lembang menyampaikan ‘suka duka’ dalam proses kreatifnya membangun Glamping. Tidak mudah membuat kawasan hutan pinus menjadi destinasi wisata. ‘;Pengalaman dan pengetahuan serta kemauanlah yang menjadikan niatan itu terwujud”’ imbuh Henny penuh senangat. Kurang lebih 500 orang warga Lembang telah bekerja di Glamping Maribaya. Para pecinta alam disekitaran Jawa Barat hingga nasional bahkan mancanegara sudah mengenal destinasi berkonsep alam ini.

Kesempatan lainnya. Taufik Saung Udjo pengurus DPD PUTRI Jawa Barat memaparkan dari bidang seni budaya. Kegiatan PUTRI tidak terlepas dari atraksi wisara. Tampilan seni budaya di Taman Rekreasi Wisata menjadi konten paket wisata. Adalah seni budaya daerah menjadi pilihan yang sangat tepat.

”Saung Kang Udjo, dipilih dalam PUTRI Jawa Barat dikarenakan sudah mengakar kuat di Jawa Barat” kata Taufik. PUTRI Jawa Barat dalam susunan kepengurusannya melibatkan unsur PENTAHELIX ( Pelaku, Media, Akademisi, Pemerintah dan Masyarakat). Kepedulian PENTAHELIX di PUTRI Jawa Barat sangat menyadari aksi, sinergi dan kolaborasi perlu ditingkatkan dalam rangka menguatkan jejaring. ”Kesadaran kerjasama adalah kekuatan PUTRI Jawa Barat, proses pemajuan pariwisata tidak ditopang oleh satu tulang punggung. Pariwisata adalah kawasan, banyak pendukung didalamnya” pungkas Henny menjawab pertanyaan peserta.

Dari hasil kegiatan ini diharapkan nantinya perkembangan Pariwisata Kalimantan Timur bisa berkembang seperti Pariwisata di Jawa Barat khusus nya yang berkaitan dengan wisata alam.