Skip to main content
Berita

Dispar Kaltim Gelar Rakornis Pariwisata dan Ekraf Tahun 2022

By Maret 16, 2022No Comments

Samarinda – Selasa (15/03) bertempat di Ruang Rapat Utama Mangkupalas Balai Kota Samarinda berlangsung kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif se-Kalimantan Timur Tahun 2022 yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, seluruh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se-Kaltim beserta jajaran, Ketua Komisi II DPRD Kaltim, juga peserta dari Unsur Komite Ekonomi Kreatif dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kaltim.

Adapun materi yang disampaikan enam narasumber dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia ini tak lepas dari tema utama yang diusung, yaitu Pengembangan Ekonomi Kreatif untuk Memperkuat Sektor Pariwisata Kalimantan Timur sebagai Mitra IKN.

Pada materi pertama disampaikan mengenai perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) bagi pelaku ekonomi kreatif, yang kemudian dilanjutkan dengan bagaimana prospek dan tantangan dari pengembangan ekonomi kreatif itu sendiri—baik dari sektor kuliner, kriya, desain, dan fesyen, sektor aplikasi, permainan, TV, dan radio, maupun sektor musik, film, dan animasi.

Tak hanya itu, dipaparkan pula mengenai kesiapan SDM ekraf untuk memperkuat sektor pariwisata, juga tantangan-tantangan apa saja yang nantinya akan dihadapi. Sebagai penutup penyampaian materi, narasumber terakhir mewakili Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital memaparkan terkait penguatan ekonomi digital bagi pelaku ekraf. Seperti halnya program apa saja yang mampu mengembangkan ekonomi kreatif berbasis digital, yang mana sesuai dengan era saat ini, di mana segala sesuatunya tak terlepas dari digitalisasi.

Rangkaian acara hari ini diakhiri dengan evaluasi kegiatan serta penutupan yang disampaikan oleh Kadispar Kaltim. Sri Wahyuni berharap ke depannya kegiatan ini dapat diadakan di lokasi yang memiliki jaringan stabil, sehingga yang tidak bisa mengikuti secara offline dapat mengikuti secara online, juga bisa pula melakukan evaluasi langsung secara digital.

Sebelum acara resmi ditutup, Kadispar Kaltim menyampaikan rasa terima kasih kepada Dinas Pariwisata Kota Samarinda selaku tuan rumah, para Kepala Dinas beserta jajaran, dan seluruh peserta yang hadir baik secara offline maupun online, yang telah mengikuti rangkaian kegiatan sedari awal sampai dengan hari ini. “Terima kasih atas partisipasinya. Semoga kegiatan Rakornis ini menjadi kegiatan untuk mencari solusi-solusi baru untuk memecahkan persoalan, juga sebagai wadah untuk bersinergi dan berkolaborasi antar Kabupaten/Kota juga tak terkecuali Provinsi Kalimantan Timur,” pungkas Sri Wahyuni.

Close Menu