Skip to main content
Berita

Siapkan SDM Parekraf Berdaya Saing, Dispar Kaltim Gelar Raker Bidang Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

By Maret 10, 2022No Comments

Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah melakukan kegiatan rapat kerja yang dilakukan di ruang auditorium, Gedung Etlingera Balikpapanensis, Kebun Raya, Kota Balikpapan, Selasa 8 Maret 2022. Kegiatan raker ini diikuti oleh seluruh perwakilan Dinas Pariwisata kabupaten kota se – Kalimantan Timur.

Kegiatan raker bidang Pengembangan SDM Parekraf dimulai dengan laporan ketua panitia, Bapak Drs. Suriansyah dan kemudian dilanjutkan oleh sambutan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, ibu Dra. Sri Wahyuni MPP, sekaligus membuka kegiatan raker secara resmi.
Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa penting untuk melakukan pengelolaan Sumber Daya Manusia untuk menggerakkan kegiatan perekonomian khususnya di bidang Pariwisata dan sertifikasi tenaga yang bekerja di bidang pelayanan agar pelayanan yang diberikan kepada wisatawan dapat lebih maksimal.

“Pemberian pelatihan dan sertifikasi bagi tenaga yang bekerja di bidang pariwisata itu penting karena akan menjadi wajah awal bagaimana pemerintah atau lembaga mengelola sumber daya manusia. Bahkan tenaga yang bekerja di level driver sekalipun apabila diberikan pelatihan bagaimana cara mengendarai kendaraan yang baik, serta dibekali dengan pengetahuan mengenai lokasi-lokasi wisata serta event-event wisata yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang, maka hal tersebut dapat memberikan kesan baik kepada wisatawan.” Ujar Sri Wahyuni.
Dalam kegiatan raker ini, bidang pengembangan SDM Parekraf juga menghadirkan dua orang narasumber yaitu Dosen Politeknik Negeri Samarinda, Said Keliwar S.ST, Par., M.Sc dan Ketua LSP MAHAMU, Murad M.A Par.

Close Menu