Skip to main content
Berita

Tunjukkan Keseriusan Berpromosi, Dispar Gelar Raker Pemasaran Dengan Kabupaten Kota

By Maret 3, 2022No Comments

Kutaikartanegara, Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim menunjukkan keseriusannya dalam mengembangkan kerjasama promosi. Selain melakukan kegiatan promosi bersama melalui pameran, dari 10 Dinas yang membidangi Pariwisata 9 diantaranya sudah memulai berpromosi melalui akun media sosial walupun hanya 6 akun yang memiliki keaktifan dan konsistensi dalam pemberitaan. Oleh karena itu, demi terwujudnya hal di atas, Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim mengadakan Rapat Kerja Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata yang diadakan di Lamin Bangkirai, Bukit Bangkirai – Kecamatan Samboja 2 Meret 2022.

Kegiatan Raker Bidang Pengembangan Pemsaran ini dibuka dengan mendengarkan Laporan Ketua Panita Restiawan Baihaqi, ST dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, Dra. Sri Wahyuni, MPP beliau menyampaikan bahwa dalam pentingnya melakukan promosi dalam memasarkan objek destinasi yang ada di Kabupaten/Kota. Selain melalui media cetak kita juga dapat melakukan promosi melalui media elektronik layaknya media sosial.

“Penitingnya promosi di era pandemi seperti ini agar pada wisatawan tetap dapat membuat bucket list sebagai persiapan untuk mengunjungi objek wisata. Selain menyajikan berita yang terkini, konsistensi dalam penyajian berita menjadi kunci penting dalam menggaet wisatawan baik nusantara maupun mancanegara”, Ujar Sri Wahyuni.

Selain itu, Sri Wahyuni juga menambahkan bahwa pemilihan dalam pemakain akun media sosial juga merupakan langkah dalam menentukan pangsa pasar wisatawan dibersamai dengan survei segmentasi pasar tentunya, agar pada saat melakukan promosi kita melakukkannya dengan sasaran dan media yang tepat.
Kegiatan Raker Bidang Pengembangan Pesmasaran Pariwisata juga menghadirkan NarasumberExkal yang diwakili oleh Mirza Jonathan S. Selaku CMO. Dalam paparannya mirza mengatakan bahwa pentingnya Digital Marketing dalam pariwisata karena mempromosikan dan memasarkan suatu wisata di media sosial untuk manarik wisatawan datang. Kegiatan digital marketing biasanya dilakukan di website, social media, online advertising, email direct marketing, forum discussion, mobile applications.

Sebagai tindak lanjut kegiatan hari ini, dilakukan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan dalam pengembangan pemasaran pariwisata bersama Kabupaten/ Kota. Nantinya berita cara ini dapat dijadikan pedoman dalam bekerjasama dan berpromosi antara Dispar Provinsi Kaltim dan Kabupaten/ Kota dapat saling bahu membahu, saling membantu, mendukung yang kemudian saling berintegrasi sehingga pondasi dalam promosi akan semakin kuat.

Turut hadir dalam kegiatan DR. H. Nurullah, M.Pd, Kepala Dinas Pariwisata Kab. Kutai Timur, DR. Yuyun Diah Setiorini, S.STP, SH, M.Si, Kepala Dinas Pariwisata Kab. Kutai Barat, Drs. Witontro, Kepala Bidang Pemasaran, Dinas Pariwisata Kab. Kutai Kartanegara, Abdul Majid, SS, MM, Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, Achmad Noor, ST, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Penajam Paser Utara, Diana Pida, SE, M.Si, Adhytama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Muda Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kota Samarinda, Sari Prilian, SE, Analis Kebijakan Ahli Muda, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kab. Paser.

Close Menu