Skip to main content
Berita Terkini

Rapat Kerja Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2022

By February 28, 2022No Comments

Berau, bertempat di Sangalaki Resort Kamis, 24 Februari 2022 Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur telah mengadakan Rapat Kerja Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2022.

Sebelum acara ini dimulai, para peserta rapat melakukan pelepasan Tukik ke pantai yang dipandu oleh petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Berau. Rapat kerja ini dibuka secara langsung oleh Dra. Sri Wahyuni, MPP selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam sambutannya disampaikan Apresiasi atas terlaksananya kegiatan Rapat Kerja Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur ini yang diselenggarakan di Pulau Sangalaki, Kabupaten Berau. Dengan digelarnya rapat kerja ini, diharapkan pengembangan destinasi dan industri pariwisata harus mengedepankan komponen-komponen 4A yaitu Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas dan Ancillary.

Pada proses pelaksanaannya, rapat kerja ini terbagi menjadi 3 sesi dimana setiap narasumber diberi kesempatan untuk menyampaikan materi dari setiap seksi. Dari rapat ini juga menghasilkan beberapa kesepakatan, diantaranya:
1. Agar segera menyusun pedoman ekowisata yang merupakan turunan dari Ripparprov Kaltim;
2. Agar segera Menyusun pedoman pembinaan pokdarwis se-Kaltim;
3. Penyusunan DTW di Kawasan Kewenangan Provinsi;
4. Dinas Pariwisata Prov. Kaltim agar melakukan konsolidasi pengembangan desa wisata dengan Instansi terkait;
5. Dinas Pariwisata Prov.Kaltim agar segera menyurati kepada Dispar Kab/Kota tentang inventarisasi pengembangan desa wisata.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Berau, Kepala Dinas Pariwisata Kab. Kutai Kartanegara, Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kota Balikpapan, Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab. Paser, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Kab. Kutai Timur.