Skip to main content
BERITANEWS PARIWISATA KALTIM

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, membuka Uji Kompetensi Dan Sertifikasi Sub Sektor Musik Se-Kalimantan Timur di Puri Senyiur Samarinda.

By April 2, 2024No Comments

 

           Uji Kompetensi dan Sertifikasi Sub Sektor Musik di Kalimantan Timur: Meningkatkan Profesionalisme dan Standar Kualitas

Samarinda, 02 April 2024 – Sebanyak 50 orang peserta dari berbagai latar belakang di bidang musik menjadi peserta pada kegiatan diadakan di Hotel Puri Senyiur, Samarinda, untuk mengikuti Uji Kompetensi dan Sertifikasi Sub Sektor Musik se-Kaltim yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pariwisata yang bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Musik Indonesia.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Prov. Kaltim, Ririn Sari Dewi, S.IP., M.Si, Direktur LSP Musik Indonesia, Johnny William Maukar, S.H, Sekretaris DPD PAPPRI Kaltim, Fitri Eka Dinanti, Ketua Gekrafs Kaltim, Aji Mirza Hakim.

Direktur LSP Musik Indonesia, Johhny, menjelaskan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekadar ujian, tetapi juga sebuah inisiasi yang sangat penting untuk meningkatkan profesionalisme di industri musik Indonesia secara keseluruhan.

“Dengan mengadakan uji kompetensi dan sertifikasi, kami berusaha untuk memberikan standar yang jelas bagi para musisi dan profesional musik di seluruh Indonesia, termasuk di Kalimantan Timur,” ujarnya.

Kegiatan ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan validasi kemampuan, profesionalisme, dan standar kualitas di industri musik Kalimantan Timur.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Ririn, menyambut baik kegiatan ini dan mengapresiasi partisipasi SDM Ekraf Sub Sektor Musik di Kalimantan Timur. “Dengan memberikan pengakuan resmi terhadap kemampuan individu dalam bidang musik, tidak hanya membuka peluang kerja yang lebih luas, tetapi juga memperkuat reputasi dan kepercayaan diri dalam komunitas musik,” ujar Ririn.

Peserta uji kompetensi berasal dari berbagai profesi musik, antara lain sound engineer, penyanyi solo, arranger, dan pencipta lagu. Adapun peserta yang berhasil mengikuti kegiatan verifikasi portofolio sebanyak 50 peserta.

Turut hadir pada kesempatan uji kompetensi yang bertempat di studio musik, Farabi Music Education Center, ketua DPD PAPPRI Kaltim, Bapak Ir. H. Rusmadi Wongso, M.S., Ph.D memberikan support kepada peserta dan apresiasi kepada Dispar Kaltim atas kegiatan yang dilaksanakan. Beliau berharap kegiatan tersebut menjadi agenda tahunan yang dapat mengakomodir para musisi Kaltim yang belum terakomodir sertifikasi

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini, yaitu memberikan kesempatan kepada pelaku ekraf sub sektor musik agar dapat mengembangkan skill dengan pengakuan keahlian secara sertifikasi dan menciptakan musisi kaltim yang kompeten sesuai dengan standar SKKNI.

Leave a Reply

Close Menu