Skip to main content
BERITADOK

Launching Karisma Event Nusantara 2024,  di Gedung Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

By Januari 28, 2024Januari 30th, 2024No Comments

   

  Launching KEN 2024,  di Gedung Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur (Jaktim), Sabtu (27/1). dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kemenparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Dalam  sambutannya Sandiaga  Uno,  memberikan Apresiasi kepada Kepala daerah yang telah mampu untuk menggerakkan industri event Indonesia saya juga sangat berbangga bahwa kolaborasi kita sekarang menjadi acuan dari kebangkitan pariwisata dunia,” ungkap Sandiaga Uno.  Menparekraf menargetkan kunjungan wisata sepanjang penyelenggaraan KEN 2024 mampu mencapai 10 juta kunjungan.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo menyebutkan, promosi perhelatan (event) yang tergabung Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 menjadi magnet kunjungan wisatawan dalam negeri dan wisatawan mancanegara (wisman).  “Saya mengapresiasi penyelenggaraan 110 perhelatan dalam KEN yang secara konsisten mempromosikan keindahan destinasi wisata dan keunikan budaya bangsa kita, semoga event ini dapat menjadi magnet bagi wisatawan dalam negeri dan wisatawan mancanegara,” ujar Jokowi dalam sambutannya secara virtual dalam peluncuran KEN 2024 di Jakarta.

Pada program Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 terdapat 110 event yang terdiri dari 100 event terpilih dan top 10 event.
Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil meraih 3 Event yaitu :

1.Festival Lomplai, 18 Maret – 23 April 2024 di Kabupaten Kutai Timur.

2. Balikpapan Fest 28 – 29 September 2024 di Kota Balikpapan.

3. Festival Hudoq Pekayang 20 – 22 Oktober 2024 di Kabupaten Mahakam Ulu.

        Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Ririn Sari Dewi, S.IP., M.Si mengatakan bahwa “Keberhasilan 3 Event di Kalimantan Timur pada Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 menjadi motivasi bagi kabupaten lainnya dalam meningkatkan kapasitas seni, budaya, pariwisata, dan ekraf di daerah masing-masing.  Keberhasilan dari tiga ( 3 )  kabupaten ini semoga  menjadi landasan dan penyemangat bagi provinsi Kalimantan Timur dalam memberikan pembinaan peran dukungan kepada 10 kabupaten/kota.”ungkap Ririn.

Leave a Reply

Close Menu