Skip to main content
BERITADOK

PENTINGNYA DISIPLIN DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN

By Juli 6, 2023April 1st, 2024No Comments

SAMARINDA – Peningkatan Kapasitas SDM dalam Penatausahaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah di Lingkungan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur menjadi tema dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (5/7/2023) bertempat di Hotel Grand Verona.

Dihadiri lebih kurang 65 orang, terdiri dari KPA, PPTK, BPP, operator bidang, dan Pejabat Fungsional, kegiatan ini mengundang narasumber Bapak Ir. Rahmat Ramadhan, S.T., M.M selaku Kabid Perbendaharaan BPKAD Prov. Kaltim dan Ibu Pusfita Mawardyani, S.Si selaku Auditor Bidang Perekonomian Inspektorat Prov. Kaltim.

Nasrul, S.S dalam laporan panitia pelaksana menyampaikan, “Tujuan diadakannya kegiatan agar dapat memberikan pemahaman mengenai tugas, tanggung jawab, dan wewenang sebagai Pengelola Keuangan serta bagaimana mekanisme yang benar dalam pengajuan SPP-SPM dan penyusunan dokumen SPJ keuangan.”

Kelengkapan dokumen acap kali dianggap sepele, tetapi sesungguhnya sangatlah penting karena merupakan bukti mutlak/ bukti nyata. Hal tersebut disepakati H. M. Irvan Rivai, S.Sos., Sekretaris Dinas. “Kerap terjadi, perencanaan, oke. Pelaksanaan, oke. Begitu pertanggungjawaban/ SPJ, bermasalah.”

Kegiatan ini penting dilaksanakan sebagai ruang penyamaan persepsi pengelolaan keuangan sekaligus mengetahui ketentuan-ketentuan yang wajib dilaksanakan dalam kelengkapan dokumen. “Kami berharap kepada para narasumber dapat memberikan pemahaman terkait kapan bisa melakukan GU, LS, peruntukkannya, klasifikasinya, secara proseduralnya seperti apa, juga SOP-nya bagaimana,” pungkas Irvan pada sambutannya, mewakili Kadispar Prov. Kaltim.

Leave a Reply

Close Menu