Skip to main content
BERITADOK

DUKUNG PERKEMBANGAN PARIWISATA 3 DANAU, DISPAR KALTIM HELAT BIMTEK HOMESTAY

By Juni 16, 2023April 1st, 2024No Comments

Desa Melintang, Kec. Muara Wis, 15 Juni 2023

Homestay merupakan usaha jasa akomodasi dengan memanfaatkan rumah tinggal penduduk. Tidak hanya tinggal untuk beristirahat, namun tamu yang menginap di homestay akan merasakan pengalaman terlibat langsung dalam aktivitas harian dan mencicipi sajian kuliner berbahan pangan lokal yang disajikan oleh pemilik homestay.

Melihat kawasan wisata 3 danau yang lambat laun semakin berkembang, dan menyadari jarang ditemui adanya hotel ataupun penginapan pada kawasan tersebut, maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pariwisata menggelar Bimbingan Teknis Homestay kepada masyarakat desa Melintang dan desa Muara Wis di Kec. Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara selama 2 (dua) hari, tgl. 13 – 14 Juni 2023.

Camat Muara Wis, Fadhli Annur dalam sambutannya menyambut positif kegiatan bimtek ini sebab desa Melintang dan desa Muara Wis memiliki potensi wisata yang tidak kalah Indah seperti danau 10 Nusa yang merupakan sekumpulan pulau-pulau kecil yang ada danau Muara Wis.

“Kami menyambut positif terlaksananya Bimtek Homestay ini dikarenakan kami pun memiliki wacana dalam mengembangkan obyek wisata danau 10 Nusa. Di tiap pulau-pulau kecil yang ada akan kami kembangkan berbagai fasilitas untuk wisatawan seperti toilet umum, camping ground, spot pemancingan, hingga homestay” ungkap Fadhli.

Dalam Bimbingan Teknis Homestay di Muara Wis ini, peserta mendapatkan pembekalan berupa materi dan praktek yang disampaikan oleh beberapa narasumber yang berasal Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Pariwisata Kab. Kutai Kartanegara, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kab. Kutai Kartanegara, Kepala Desa Wisata Pela, dan akademisi dari Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) Program Studi Pariwisata.

Kegiatan diakhiri secara resmi yang ditandai dengan penyerahan sertifikat kepada perwakilan peserta dan penyerahan cinderamata.

(AY/AY/GM

Leave a Reply

Close Menu