Skip to main content
Berita

Sebarkan Virus Sadar Wisata di Desa Wisata Terapung

Jum’at 27 Mei 2022, Guna mewujudkan Desa Wisata yang berkompeten serta SDM pariwisata yang berdaya saing, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pariwisata Prov.Kaltim melaksanakan Pelatihan Sadar Wisata dan Sapta Pesona. Pelatihan bertempat di salah satu desa yang menjadi program Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam mewujudkan desa wisata 3 danau.

Desa Muara Enggelam adalah desa yang berada ditengah perairan danau melintang,  mayoritas kehidupan warganya bertempat tinggal dirumah rakit. Desa ini merupakan salah satu desa wisata di Provinsi Kalimantan Timur yang memiliki keunikan yaitu dengan konsep desa wisata terapung.

Pelatihan  diikuti 40 orang peserta yang berasal dari pokdarwis, perangkat desa, serta tokoh masyarakat. Kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua) hari dengan metode pemaparan materi dihari pertama dan Aksi Gerak praktek lapangan di hari kedua.

Salah Satu keunikan yang dimiliki Desa Muara Enggelam diantara  desa-desa wisata yang lain adalah  air sungai yang berwarna hitam, dengan adanya perbedaan warna air sungai pada umumnya . Air berwarna hitam ini berasal dari hutan rawa gambut yang berada dikawasan desa muara enggelam. Guna  mendukung program pemerintah provinsi kalimantan timur dengan visi-misi Pengembangan Desa Wisata 2022-2023, yang menetapkan Desa Muara Enggelam sebagai salah satu Desa Wisata, maka melalui Dinas Pariwisata Prov. Kaltim, melakukan beberapa kegiatan baik secara fisik maupun non fisik.

Dikutip dari penyampaian Jauhar selaku Kades Ma. enggelam, bahwa dalam 2 tahun terakhir ini pembuangan sampah warga, disediakan pada tempat/lokasi khusus yang berjarak 10 KM dari kampung, dan kedepannya melalui program Desa sampah-sampah warga nanti akan dikelola melalui  Bank Sampah.

Mueng sebutan singkat dari Muara Enggelam ini akan disiapkan sebagai salah satu destinasi pariwisata, oleh karena itu kebersihan merupakan salah satu kriteria yang masuk dalam Sapta Pesona. Dalam mewujudkan Desa Wisata  tidak hanya cukup dengan  destinasi wisatanya saja, namun SDM yang memiliki Sadar Wisata Sapta Pesona seyogyanya akan berpengaruh terhadap daya tarik wisatawan serta  minat  wisatawan untuk  berkunjung di Desa ini, dengan motivasi melalui  Program pelatihan yang berkesinambungan, diharapkan  akan meningkatkan  kapasitas SDM Parekraf yang berdaya saing tinggi, serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat. Dengan komitmen bersama antara masyarakat dan Pemerintah, mari kita wujudkan Desa Wisata di Desa enggelam ini” tutup Kasi Kemitraan SDM Parekraf Dispar Kaltim Herlina Eka Yanti.

 

Leave a Reply

Close Menu