Skip to main content
BERITADOK

Tingkatkan Kesadaran Pariwisata, Dispar Kaltim Gelar Pelatihan

By Mei 26, 2022April 2nd, 2024No Comments

Senin 23 mei 2022, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur menggelar Pelatihan Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Desa Semayang Kecamatan Kenohan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Mengusung Program Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Timur 2022-2023 mewujudkan Desa Wisata 3 Danau, melalui Dinas Pariwisata Prov.Kaltim melaksanakan pelatihan yang sesuai dengan visi dan misi Gubernur Provinsi Kalimantan Timur dalam pengembangan dan peningkatan kapasitas SDM.

Desa Semayang adalah daya tarik wisata yang berada di wilayah danau semayang. dana yang memiliki luas 13.000 ha yang berlokasi di daerah aliran sungai mahakam Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kegiatan ini diikuti 40 orang peserta yang berasal dari pokdarwis, perangkat desa, serta tokoh masyarakat. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari dengan metode pemaparan materi dihari pertama dan praktek lapangan di hari kedua.

Sadar wisata adalah partisipasi dan dukungan masyarakat dalam terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di suatu tempat/ wilayah sedangkan Sapta pesona adalah kondisi ideal yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke suatu daerah
Melalui pelatihan ini diharapkan masyarakat desa semayang sebagai motor akan sadar wisata dan sapta pesona, sehingga mampu menggerakkan ekonomi kemasyarakatan karena pariwisata adalah salah satu prioritas pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, tutup M. Ridha Fatrianta Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Kab.Kutai Kartanegara.

Close Menu