Skip to main content
BERITADOK

Desa Pela Peringkat Kedua Creative Tourism Destination Award 2022

By Mei 22, 2022April 2nd, 2024No Comments

TENGGARONG – Desa Wisata Pela di Kecamatan Kota Bangun kembali menorehkan prestasi. Kali ini menempati posisi kedua dalam Creative Tourism Destination Award 2022 kategori Digital di Planet Tourism Indonesia 2022, yang digelar oleh MarkPlus Tourism.

Alimin, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Pela, mengatakan penghargaan ini dimaksudkan untuk menjadi nilai jual bagi Desa Wisata Pela. Sekaligus, menambah catatan manisnya, setelah baru-baru ini dinobatkan sebagai 50 Desa Wisata Terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 (ADWI) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Penghargaan ini semoga dapat menaikkan rating Desa Wisata Pela, untuk ajang promosi salah satu destinasi unggulan di Kaltim dan Indonesia,” ucap Alimin , Kamis (19/5/2022).

Proses penilaiannya dilakukan dengan mengunggah foto – Foto dan Video wisata Unggulan di kawasan Desa Wisata Pela. Hingga akhirnya dinobatkan sebagai terbaik kedua untuk kategori Digital.  “Harapan kita ini bisa berdampak besar kepada Desa Wisata Pela,” tambah Alimin.

Sementara itu, Kepala Desa Pela, Supyan Noor mengaku bangga dengan apa yang diraih Desa Wisata Pela. Ia menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pengelola Desa wisata pela dan Pokdarwis.

Semoga penghargaan ini dapat menjadi inspirasi dan penyemangat bagi Pokdarwis Desa Wisata Pela untuk mencari inovasi-inovasi baru. “Jadi ini dinamika bersama bagi semua pihak,” kata Supyan Noor.

Penghargaan tersebut juga diharapkan dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara ke desa wisata Pela. Sehingga berdampak besar pada penghidupan sektor UMKM dan PADesa Desa Pela itu sendiri.

Sementara itu, Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara melalui Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Ridha Fatrianta mengatakan, pihaknya akan terus mendukung Desa Wisata Pela. Diantaranya dengan terus menggelar festival setiap tahunnya. Selain itu, sarana penunjang pariwisata juga akan ditambah, seperti wahana air yang ditawarkan kawasan ekowisata.

“Kita ada bantuan untuk wahana air di Desa Pela dan nanti akan diserahkan,” urai Ridha.

Terdekat, Dispar akan membantu menyambut Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno dalam waktu dekat.

Dukungan akses kawasan desa wisata Pela juga sudah ada dalam rencana pengembangan Dispar Kukar dan OPD teknologi terkait, “Mudah-mudahan penghargaan ini memicu pengembangan aksesnya,” Ucap Ridha.

 

Sumber Berita : mediakaltim.com

Leave a Reply

Close Menu