Skip to main content
Berita

Siapkan SDM Pariwisata di IKN, Dispar Kaltim Gelar Pelatihan Pramuwisata Madya

Balikpapan, 18 Mei 2022 Mega Lestari Hotel.

Pemerintah Provinsi kalimantan Timur melalui Dinas Pariwisata setiap tahunnya terus meningkatkan SDM Pariwisata.
Kegiatan peningkatan SDM Pariwisata adalah salah satunya Pelatihan Pramuwisata Madya.
. Dinas Pariwisata Prov.Kaltim bekerjasama DPD HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Prov.Kaltim dan terlebih lagi, dalam penunjukkan Kaltim sebagai IKN (Ibukota Negara) maka Kaltim harus siap menghadapinya dengan mempersiapkan tenaga-tenaga yang terampil dan kompeten di bidang kepariwisataan terutama dalam kepemanduan wisata.
.
Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 Orang Guide/ Pemandu Wisata di Kota Balikpapan. Balikpapan dipilih sebagai tempat penyelenggaraan dikarenakan Balikpapan sebagai Kota Penyangga Ibukota Negara (IKN) yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo. Kegiatan diisi oleh pemateri yang terkait kepariwisataan antara lain : Dinas Pariwisata Prov.Kaltim, Kepolisian, Kepabeanan (Bea Cukai), Balai Bahasa, Dinas Kesehatan, Imigrasi, Balai Karantina Pertanian, DPP HPI, DPD HPI dan ASITA.
.
Kondisi ini harus segera disiapkan dengan matang seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) terkait di daerah dan salah satunya meningkatkan kemampuan serta wawasan pelaku wisata, sekaligus mempersiapkan tenaga-tenaga yang terampil di bidang kepariwisataan.

Para guide tourism ini memiliki peran sangat strategis dalam meningkatkan kunjungan wisata di Kalimantan Timur maupun di Ibukota Negara (IKN). Kita harus mempersiapkan tenaga terampil dalam pelayanan di sektor kepariwisataan Kaltim serta mampu memberikan pelayanan sesuai dengan standar-standar yang telah ditetapkan.

“Pelatihan Pramuwisata Madya ini bagian upaya Pemprov Kaltim untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan sumber daya manusia (SDM) pariwisata di daerah,” tutup H.Muhammad Irvan Rivai, S.Sos yang saat ini menjabat sebagai Plt. Kepala Dinas Pariwisata Prov.Kaltim pada pembukaan Pelatihan Pramuwisata Madya

Close Menu