Skip to main content
Berita

Desa Pela Perwakilan Kalimantan Timur masuk 50 Besar ADWI 2022

By April 28, 2022No Comments

Pela satu-satunya desa perwakilan Kalimantan Timur yang berhasil masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

 

Lebih dari 70.000 Desa di Indonesia pada tahun 2022 terjaring 3416 Peserta Desa Wisata dari 34 Provinsi se-Indonesia. Kini setelah mengikuti berbagai rangkaian kurasi oleh tim dari kementerian pariwisata dari 500, 300, 100 hingga dikerucutkan lagi menjadi 50 besar desa wisata.

 

Dari Plt. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Irvan Rivai (27/4), mengatakan bangga karena masih ada perwakilan dari Kaltim yang masuk dalam 50 besar ADWI 2022, yaitu Desa Wisata Pela.

 

“Sebelumnya, tiga desa wisata di Kaltim masuk 100 besar ADWI yakni Kabupaten Kutai Kartanegara (Desa Wisata Pela), Kota Bontang (Desa Wisata Malahing, Kabupaten Berau (Desa Wisata Teluk Harapan). Namun setelah penilaian lebih lanjut tim Kemenparekraf, Desa Pela berhasil masuk 50 besar anugerah desa wisata,” kata Irvan.

 

Irvan mengharapkan Desa Wisata Pela dapat terus berbenah dan berinovasi, serta kemudian memperbaiki dan mengikuti kriteria yang menjadi penilaian dewan juri, sehingga bisa meraih hasil maksimal dalam ADWI 2022.

 

“Kami patut berbangga dengan pencapaian dari Desa Wisata Pela karena pada tahun ini berhasil lolos hingga tahap 50 besar jika dibanding dengan tahun hanya sampai di tahap 100 besar. Saya berharap desa wisata Pela bisa meraih hasil yang maksimal di ADWI tahun ini,” ujar Irvan.

 

Selanjutnya, Restiawan Baihaqi, ST selaku Kepala Bidang Pemasaran menambahkan akan terus berupaya mendukung Desa Pela agar meraih salah satu penghargaan dari 7 kategori yang diperlombakan.

 

“Kami akan terus mendukung dan mengawal Desa Wisata Pela agar dapat semakin dikenal oleh masyarakat Kaltim bahkan Nasional dengan terus mempromosikan melalui media digital yang ada pada Dispar dan Media Elektronik lainnya”, Ujar Baihaqi.

 

Kemenparekraf mengumumkan 50 besar desa wisata di seluruh Indonesia yang masuk dalam tahap kurasi ADWI 2022.

 

Pengumuman 50 besar desa wisata itu disampaikan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno. Menparekraf mengucapkan selamat kepada 50 desa wisata yang masuk 50 besar.

 

“Selamat saya ucapkan bagi desa wisata yang berhasil lolos menjadi 50 desa wisata terbaik ADWI 2022. Kami meminta desa wisata tersebut untuk terus berinovasi,” kata Sandiaga.

 

Selanjutnya, ke-50 desa wisata tersebut akan dikunjungi dewan juri ADWI 2022 untuk melihat secara langsung bagaimana pengelolaan dan pembangunan potensi pariwisata. Kunjungan tersebut bagian dari penilaian ADWI 2022.

 

“Ayo bersama-sama kita wujudkan desa wisata berkelas dunia, berdaya saing global dan berkelanjutan, untuk Indonesia bangkit. Teruslah berinovasi mengembangkan desa wisata serta menjadi yang terbaik,” kata Sandiaga.

Close Menu