Skip to main content
BERITA

Kembangkan Potensi Wisata Alam, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Selenggarakan Pelatihan Pemandu Ekowisata

By Oktober 5, 2024No Comments

Mahakam Ulu – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pariwisata menggelar Pelatihan Pemandu Wisata Minat Khusus Ekowisata yang dilaksanakan pada 2 hingga 3 Oktober 2024 di Desa Batu Majang, Kabupaten Mahakam Ulu. Kegiatan ini dihadiri oleh pemandu wisata anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia (DPC HPI Kab. mahakam Ulu) dan anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dari berbagai desa di Kabupaten Mahakam Ulu.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Mahakam Ulu, Yason Liah, S.Hut, M.P , yang dalam sambutannya menekankan pentingnya pelatihan sebagai langkah strategis dalam mengembangkan sektor pariwisata berbasis alam dan keberlanjutan.

“Dengan pengetahuan yang benar, kita dapat memberikan pengalaman wisata yang tak hanya menarik bagi wisatawan, tetapi juga mengedukasi mereka tentang pentingnya pelestarian lingkungan.” Ujar Yason dalam sambutannya.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kalimantan Timur serta Akademisi Prodi Geologi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT), yang memberikan wawasan terkait konsep ekowisata dan pentingnya menjaga keseimbangan antara eksplorasi wisata dan kelestarian lingkungan.

Pada hari kedua, para peserta diajak untuk mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat dengan mengeksplorasi langsung wisata alam di Batu Majang. Eksplorasi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung bagi para peserta dalam memandu wisatawan serta menyampaikan informasi tentang kekayaan alam dan ekosistem di wilayah tersebut.

Di akhir sambutan, Yason Liah menyampaikan harapannya bahwa pelatihan ini akan membentuk pemandu wisata yang mampu membawa perubahan positif bagi pariwisata di Kabupaten Mahakam Ulu.

“Kami berharap pelatihan ini tidak hanya meningkatkan kompetensi peserta, tetapi juga membangun kesadaran akan tanggung jawab besar yang mereka emban sebagai pemandu wisata. Kita berharap pemandu wisata dapat membawa nama baik Mahakam Ulu ke kancah nasional dan internasional melalui ekowisata yang berkelanjutan” tutupnya.

Leave a Reply

Close Menu