Skip to main content
BERITA

Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Laporan Akhir Penyusunan Masterplan Daya Tarik Wisata (DTW) Pulau Kumala Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bertempat di Hotel Grand Elty Singgasana , Jum’at 4 Oktober 2024

By Oktober 5, 2024No Comments

Tenggarong, Jum’at 4 Oktober 2024, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kukar Bambang Arwanto mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Kukar mengapresiasi dengan baik FGD pada hari ini sebagai salah satu wujud kebangkitan dalam pengembangan kepariwisataan yang ada di Kutai Kartanegara khususnya Pulau Kumala. “kami menyampaikan apresiasi kepada Kemenparekraf, para narasumber dan tim dari pusat Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata (P-P2Par) ITB serta Poltekpar Samarinda yang telah menyiapkan dokumen masterplan DTW Pulau Kumala. Saya berharap ini bukan hanya perencanaan-perencanaan diatas kertas namun harus disertai oleh strong vision yang gigih untuk mengelola Pulau Kumala agar Pulau Kumala dapat bangkit seperti sedia kala”, Ungkap Bambang.

Kemudian, Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf RI Bambang Cahyo Murdoko dalam sambutannya menjabarkan tujuan dari FGD Pembahasan Laporan Akhir Penyusunan Masterplan Daya Tarik Wisata (DTW) Pulau Kumala.

“Tujuan utama dari penyusunan dokumen masterplan DTW Pulau Kumala Kutai Kartanegara ini adalah untuk memberikan panduan strategis dalam pengembangan infrastruktur pariwisata, promosi dan pemasaran, pelestarian lingkungan dan budaya, pengembangan SDM serta pemberdayaan masyarakat lokal”, Ujar Bambang.

Bambang juga menambahkan, rasa bangga dengan terpilihnya Pulau Kumala sebagai salah satu dari lokasi penyusunan masterplan ini, dan berharap dokumen masterplan ini bisa menjadikan Pulau Kumala ke depan sebagai salah satu DTW di Kutai Kartanegara yang dapat meningkatkan lama tinggal wisatawan dan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Hadir dalam FGD pada pagi ini, Direktur Pengembangan Destinasi Regional II di Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Bambang Cahyo Murdoko Kemenkaperakraf/Baparekraf, Asisten Deputi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Edi Susilo, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Ririn Sari Dewi secara daring, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Angit Ding, SP dan Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kukar Sugiarto, SH, M. Si, Ketua Tim Tenaga Ahli Pusat Perencanaan & Pengembangan Kepariwisataan ITB Yani Andriani.

Leave a Reply

Close Menu