Skip to main content
Kegiatan Kadispar Prov. Kaltim

Kadispar Prov. Kaltim Menghadiri Pembukaan Balikpapan Fest 2024 dengan mengusung tema “Nusantara Creative”

By September 29, 2024No Comments

Balikpapan, Kamis (26/9). Pemukulan rampak gendang menjadi tanda dibukanya Balikpapan Fest 2024 yang akan berlangsung mulai tanggal 26-29 September 2024 di BSCC Dome Balikpapan.

Gelaran ini adalah event nasional yang mana tahun ini sudah memasuki tahun ke-5 dan pada tahun ini digandeng juga dengan KEN 2024 (Karisma Event Nusantara) yang hadir di Kota Balikpapan.

Berdasarkan sambutan Ahmad Muzakkir selaku Pjs. Wali Kota Balikpapan, beliau menyampaikan, “Tema ‘Nusantara Creative’ yang diusung dalam festival ini sangat relevan dengan potensi besar yang kita miliki. Nusantara adalah sumber kekayaan budaya yang tidak ternilai. Dengan keberagaman suku, adat, seni, dan tradisi yang kita miliki, Balikpapan dapat menjadi pusat kreativitas yang berakar pada nilai-nilai luhur Nusantara, namun tetap berorientasi pada inovasi dan kemajuan zaman.”

Selanjutnya, sambutan oleh Nova Arisne, Sekretaris Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI, mengatakan bahwa, “Kemenparekraf mengapresiasi Pemerintah Daerah Kota Balikpapan selaku penyelenggara event Balikpapan Fest, yang selalu menunjukkan semangat dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di daerahnya melalui penyelenggaraan event daerah. Kami juga ucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya event Balikpapan Fest menjadi salah satu Karisma Event Nusantara (KEN) 2024.”

Kemudian, sambutan Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menparekraf RI mengucapkan “Selamat dan sukses atas penyelenggaraan Balikpapan Fest 2024, salah satu event daerah kebanggaan masyarakat Kota Balikpapan. Kami berharap Balikpapan Fest dapat menjadi sustainable event yang dapat dimanfaatkan oleh Kota Balikpapan untuk menampilkan dan mempromosikan kekayaan seni budaya khasnya, serta menjadi ruang kreatif bagi para pelaku seni dan ekonomi kreatif sehingga dapat memberikan dampak positif bagi aspek sosial budaya dan pariwisata.”

Turut hadir:
Sekretaris Deputi Bidang Pariwisata Kemenparekraf RI, Pjs. Wali Kota Balikpapan, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Wakil Ketua DPR RI, Direktur Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Otorita IKN, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Ketua Bhayangkari Kalimantan Timur, Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Tim Juri Arindama Kalimantan Timur, Kepala Disporapar Kota Balikpapan, Kepala Dinas Pariwisata se-Kabupaten/Kota, jajaran unsur Forkopimda Balikpapan, tokoh adat, dan masyarakat.

BR

Leave a Reply

Close Menu