Skip to main content
BERITA

Meningkatkan Sinergitas Sebagai Upaya Pengembangan Ekonomi Kreatif yang dilaksanakan Hotel Swiss Bell Ocean Square Balikpapan 11 Juni 2024

By Juni 12, 2024No Comments

Hotel Swiss Bell Ocean Square Balikpapan (11/6/2024)

Focus Group Discussion Bidang Ekonomi Kreatif yang diselenggarakan Biro Kesejahteraan Rakyat Setda.Provinsi Kalimantan Timur berlangsung menarik dan paripurna. Hadir Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur ibu Sri Wahyuni didampingi Asisten I bapak Sirajuddin. Juga turut hadir sekaligus menjadi moderator ibu Dasmiah selaku kepala Biro Kesejahteraan Rakyat.

Undangan yang hadir berkisar 60 orang yang terdiri dari Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota, Biro Kesejahteraan Rakyat Kabupaten/Kota, pelaku kreatif, akademisi dan media.

Beberapa hal yang disampaikan Ibu Sri Wahyuni, diantaranya:
Ekonomi kreatif berpegang pada proses kreatif, produksi,konsumsi, distribusi dan konservasi. Kelima proses inilah yang menjadi pembeda dengan (Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Bidang ekonomi kreatif telah berkontribusi pada PDRB Kalimantan Timur sebesar 5,61%. Harapannya, ekonomi kreatif terus tumbuh dan berkembang. Hal terkait regulasi dan eksekusi pada ekonomi kreatif harus mendapat perhatian” ujar Bu Sri.

Ekonomi kreatif harus ditopang oleh komunitas, pelaku usaha, akademisi, pemerintah dan media. “Keseriusan pimpinan daerah dalam meningkatkan ekonomi kreatif menjadi landasan pada regulasi dan eksekusi didaerahnya. Insya Allah, keseriusan tersebut membuahkan hasil yang baik pula untuk produk domestik regional bruto” pungkas Bu Sri.

Kegiatan FGD adalah sarana memperkuat jejaring mitra ekonomi kreatif. Dengan tujuan, mendapatkan hasil terbarukan pada tugas dan fungsi masing masing stake holder.
(A.K)

Leave a Reply