Skip to main content
BERITA

Sineas Muda Berau Memacu Daya Saing Untuk Perfilman Nusantara dalam Pelatihan Film Pendek

By Oktober 24, 2024No Comments

Tanjung Redeb (23/10/2024) – Bertempat di Ruang Meeting Grand Parama Hotel. Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau melaksanakan Pelatihan Film Pendek yang dimulai tanggal 22 s.d 23 Oktober 2024.

Pelatihan ini diikuti siswa SLTA, Mahasiswa dan Komunitas dengan jumlah 40 orang. Achmad Junaidi dan Muhammad Jaya dari sineas Samarinda hadir sebagai narasumber. Kedua sineas tersebut lebih banyak membagikan pengalamannya selana berkegiatan pembuatan film. Perlunya manajemen pra produksi, produksi dan paska produksi sampai pada kontribusinya. Hadir juga Awang Khalik selaku Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur. “Kita semua harus kreatif, sekecil apapun ide itu wajib dihargai. Apalagi dalam film. Ide menjadi awal bermulanya pembuatan. Skenario, pengolahan manajemen dan eksekusi lapangan, kesemuanya mengandalkan ide yang kreatif.” ucap Awang dalam sambutannya.

Nurjatiah, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau sangat berharap pelatihan ini dapat menjadikan potensi sineas muda di Kabupaten Berau mampu berdaya saing untuk pengembangan perfilman nusantara. Pembuatan film bukanlah hal yang begitu rumit, jika kemitraan dan penguatan jejaring harus sangat diperhatikan. SDM dan peralatan perlahan diperbaiki dan pada waktunya nanti Berau menjadi Kota Kreatif Subsektor Film di Kalimantan Timur.

Di penutup pelatihan Ahmad Rivai, salah seorang peserta pelatihan menyampaikan kesannya. “Selain mempunyai kekayaan alam pulaunya, Berau juga memiliki SDM ekonomi kreatif yang mumpuni. Melalui pelatihan ini. Berau mempunyai film yang viral dan dikenal masyarakat Indonesia” kata Rivai.

#SineasKaltim #EkrafKaltim #FilmKaltimUntukIndonesia

Leave a Reply

Close Menu