Skip to main content
BERITA

Malam Penghargaan Pada Jambore Desa Wisata 2024

By Oktober 23, 2024No Comments

Acara puncak Jambore Desa Wisata se-Kaltim dan Malam Award Penganugerahan Lomba Desa Wisata 2024 berlangsung meriah di Grand Mutiara Hotel, Bontang. Selasa (22/10).

Acara ini dihadiri oleh Pj. Gubernur Kalimantan Timur yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, serta sejumlah pejabat penting seperti Pjs. Walikota Bontang, perwakilan dari Kemenparekraf, dan Sekda Kota Bontang.

Acara dibuka dengan sambutan dari Pjs. Walikota Bontang, Bapak Munawwar, S.T., M.Si, yang menyampaikan pentingnya Jambore Desa Wisata dalam memajukan pariwisata berbasis desa. “Jambore desa wisata ini merupakan momentum yang sangat penting dalam upaya kita memajukan pariwisata berbasis desa, yang tidak hanya meningkatkan perekonomian masyarakat, tetapi juga melestarikan budaya lokal dan keindahan alam yang ada di Kaltim,” ungkap Munawwar.

Sambutan PJ. Gubernur Kaltim
Dalam sambutan PJ. Gubernur Kalimantan Timur yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, Ibu Ririn Sari Dewi, S.IP., M.Si, beliau menegaskan pentingnya pengelolaan desa wisata yang profesional dan partisipasi masyarakat dalam pengembangannya. “Dalam upaya mendorong desa wisata yang tangguh, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan bersama. Pertama, pengelolaan yang profesional dan berkelanjutan. Desa wisata harus mampu menawarkan pengalaman yang berkualitas bagi wisatawan, namun tetap menjaga kelestarian lingkungan dan budaya lokal. Kedua, pentingnya partisipasi masyarakat dalam mengelola dan memajukan desa wisata. Dengan melibatkan masyarakat secara aktif, kita dapat menciptakan kesejahteraan yang merata, sehingga desa wisata menjadi penggerak ekonomi yang kuat,” ungkap Ririn.

Puncak acara diisi dengan penyerahan penghargaan kepada desa-desa wisata terbaik se-Kaltim yang berhasil menunjukkan prestasi dalam pengelolaan pariwisata. Berikut daftar pemenangnya:

Juara Umum :
1. Kota Bontang (Desa Wisata Kp. Selambai, Lok – Pokdarwis Lok Tuan)
2. ⁠Kota Balikpapan (Desa Wisata Meranti Karang Joang – Pokdarwis Meranti Etam)
3. ⁠Kab.Berau ( Desa Wisata Merasa – Pokdarwis Bangen Tawai

Juara Harapan :
1. Kab. Kutai Kartanegara (Desa Wisata Pantai Biru Kersik – Pokdarwis Pantai Biru)
2. ⁠Kab.Penajam Paser (Desa Wisata Wonosari – Pokdarwis Goa Batu Tapak Raja Bukit Kariwaya)
3. ⁠Kab. Mahakam Ulu ( Desa Wisata Kp. Batu Majang – Pokdarwis Bangen Tawai

Juara Kategori Desa Wisata Budaya :
• Kota Samarinda (Desa Wisata Budaya Pampang-Pokdarwis Desa Budaya Pampang)

Juara Kategori Pelestarian Alam:
• Kab.Kutai Barat (Desa Wisata Gerongokng – Pokdarwis Juntur Geronggong Kampung Engkuni)

Juara Kategori Desa Wisata Rintisan
• Kab.Kutai Timur (Desa Wisata Embung Banyu Langit Suka Maju – Pokdarwis Suka Maju)
• Kab.Paser (Desa Wisata Klempang Sari – Pokdarwis Alas Indah Sari)

Selain penghargaan, panitia juga memberikan hibah berupa 1 unit laptop dan 1 unit printer kepada beberapa desa wisata terpilih sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan administrasi dan promosi digital.

Acara ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk terus mengembangkan potensi wisatanya dan menjadi penggerak ekonomi daerah.

AL/BR/RZ

Leave a Reply

Close Menu