Skip to main content
NEWS PARIWISATA KALTIM

Observasi lapangan dengan melakukan kunjungan ke Desa Wisata Bamboe Wanadesa dan Wisata Meranti

By Oktober 16, 2024No Comments

Balikpapan, Mengakhiri kegiatan Lintas Sektor Kepariwisataan Tahun 2024, Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim melakukan kegiatan observasi lapangan dengan melakukan kunjungan ke Desa Wisata Bamboe Wanadesa dan Wisata Meranti pada Rabu, (16/10).

Kunjungan Lapangan ini disambut dengan hangat oleh Ketua Wisata Bamboe Wanadesa yang diwakili oleh Lina dan Ketua pokdarwis Meranti Sukardi, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi bersama mengenai pengelolaan Bamboe Wanadesa dan Wisata Meranti.

Ditengah diskusi, H. Dany Fachriza mewakili Badan Pengembangan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Kaltim mengungkapkan bahwa pada dasarnya dari kedua objek wisata yang ada sudah dikelola dengan baik.

“Setelah melihat-lihat kedua objek wisata yang ada di daerah Balikpapan Tengah para Pokdarwis, Kepala Desa ataupun UPTD telah melakukan pengelolaan dengan baik, tinggal melengkapi fasilitas penunjang agar menarik minat para wisatawan”, Ucap Dany.

Selain itu Dany menambahkan, bagi para pengelola wisata yang belum memiliki Pokdarwis untuk segera membentuk agar mempermudah dalam proses administrasi pemberian bantuan (hibah) kedepannya. Dan BAPPEDA juga sangat mendukung setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim dalam memajukan pariwisata yang ada di Kaltim dan daerah mitra IKN khususnya.

setelah berdiskusi, peserta mendapat kesempatan untuk mengexplore kawasan wisata Bamboe Wanadesa dengan menaiki kapal wisata dan dilanjutkan dengan tracking di Wisata Meranti.

Sebelum menutup kegiatan secara resmi Angit Ding, SP mewakili Kepala Dinas Pariwisata mengungkapkan apresiasi kepada para peserta.

“Saya sangat mengapresiasi kepada para peserta yang mengikuti rangkaian kegiatan Lintas Sektor hingga akhir, saya berharap kegiatan ini dapat dijadikan percontohan dan pembelajaran bagi para pengelola desa wisata lainnya, sehingga pengembangan destinasi yang ada baik di Kaltim maupun di IKN kedepannya lebih baik dan kami selaku regulator dapat memilah kegiatan dan bantuan yang akan diberikan kepada para pengelola agar tepat sasaran”, ungkap Angit.

Turut hadir Dinas Pariwisata Kab. Kutai Kartanegara, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, Dinas PU Kutai Kartanegara, Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim, Dinas PU Balikpapan, Dinas Pangan TPH Kaltim, DPD Putri Kaltim, BAPPEDA Kaltim, UPTD Kebun Raya Balikpapan.

Leave a Reply