Skip to main content
BERITA

Kadispar Prov. Kaltim, yang diwakili oleh Suyekti Utami Sekretaris Dispar Prov. Kaltim melaksanakan kunjungan ke Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Samarinda dalam Penilaian Arindama Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Kota Samarinda

By Oktober 1, 2024No Comments

Samarinda, 30 September 2024, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur yang diwakilkan oleh Suyekti Utami Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur melakukan kunjungan ke Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Samarinda dalam rangka Penilaian Arindama Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kota Samarinda di dampingi oleh Imam Rusdi Hidayat, ST Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Muda.

“Presentasi disampaikan langsung oleh H. Muslimin, SE., M.Si selaku Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Samarinda di dampingi oleh staff. Pada presentasi nya disampaikan bahwa salah satunya Citra Niaga ini dulu menjadi wisata unggulan Kota Samarinda karena berkumpulnya para pelaku ekonomi kreatif, kita berusaha mengembalikan marwah yang telah lama hilang kita juga melakukan upaya revitalisasi dan menertibkan kawasan tersebut. Pembangunan Ulang Pasar Pagi anggaran kurang lebih 600 M nantinya akan menjadi wisata belanja dan diatas nya ada hotel bintang 2 dengan harga yang terjangkau dan foodcourt selanjutnya RPH Tanah Merah akan dibangun pada tahun 2025 yang akan menjadi tempat wisata serta tempat berkumpulnya teman-teman pelaku ekonomi kreatif. Revitalisasi China Town masih melakukan kajian berkerjasama dengan mahasiswa thailand dan cina rencana tahun 2025 akan dilakukan pembangunan. 10 Program Kota Samarinda adalah :
1. Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (PRO – BEBAYA).
2. Program Pengendalian Banjir dan Pengembangan Sistem Drainase Modern.
3. Program Pembangunan Sistem Transportasi Massal Modern dan Ramah Lingkungan (Subway dan Skytrain/Monorail)
4. Program Social Security Number (Satu Kartu Untuk Semua Layanan).
5. Program Smart City Plus.
6. Program Doctor On Call Untuk Kondisi Darurat, Lansia dan Balita.
7. Program Bantuan Peralatan dan Sarana Pendidikan Untuk Menunjang Pendidikan Gratis 12 Tahun.
8. Program Badan Usaha Milik RT (Berbasis Kelurahan).
9. Program Pengembangan Ruang Terbuka Hijau, Taman Rekreasi dan Satu Kelurahan Satu Playground.
10. Program Penciptaan 10.000 Wirausaha Baru.

“Saya sepakat apa yang disampaikan oleh Bapak Muslimin Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Samarinda “kita berbenah” kalau saya lihat ini baru evaluasi dari 10 program banyak sekali terkait bidang pariwisata dan ekonomi kreatif masuk saat ini 3 tahun terakhir branding sebagai kota musik menurut saya relevan dan cukup optimal meskipun dari aspek branding masih harus berkerja keras. Tahun depan branding “Samarinda Beradab atau Saber” menjadi top of mind. Harapan saya setidaknya ada ruang publik kita ada ruangan creative hub untuk para pelaku ekonomi kreatif agar suatu tempat bisa lebih hidup. Ucap salah satu dewan juri Arinda Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. Erwiantono.”

Penghujung agenda tim dewan juri bersama Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur dan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Samarinda melakukan visitasi ke area Citra Niaga untuk melihat proses pembangunan Citra Niaga.

Leave a Reply

Close Menu