Skip to main content
NEWS PARIWISATA KALTIM

Jambore Pokdarwis/Desa Wisata Tingkat Kota Balikpapan Tahun 2024

By Agustus 11, 2024No Comments

Minggu, 11 Agustus 2024

Ririn Sari Dewi, S.IP., M.Si selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur menghadiri kegiatan Jambore Pokdarwis/Desa Wisata Tingkat Kota Balikpapan Tahun 2024 kegiatan tersebut dilaksanakan hari Minggu, 11 Agustus 2024 di Bangunan Lamin, Pantai Manggar Segara Sari Kota Balikpapan. Rangkaian kegiatan hari ini ada zumba, talkshow, pameran pokdarwis, outhing dan doorprize. Pokdarwis juga mempresentasikan atau bercerita tentang pokdarwis yang mereka kelola. Lomba Jambore Pokdarwis/Desa Wisata Tingkat Kota Balikpapan diikuti 15 Desa Wisata yaitu terdiri dari :

1. Pokdarwis Bekantan
2. Pokdarwis Dalan Anyar
3. Pokdarwis Pantai Nelayan
4. Pokdarwis Pantai Cemara
5. Pokdarwis Pantai Smacly
6. Pokdarwis Dewi Tritip
7. Pokdarwis Teluk Seribu
8. Pokdarwis Wisata Merantai Etam
9. Pokdarwis Pantai Seraya
10. Pokdarwis Hutan Lindung Sungai Wain
11. Pokdarwis Mangrove Center Graha Indah
12. Pokdarwis Pantai Manggar
13. Pokdarwis Pringgondani
14. Pokdarwis Tanjung Gading
15. Pokdarwis Kang Bedjo

Turut Hadir dr. C.I. Ratih Kusuma W selaku Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata yang diwakilkan oleh Imam Rusdi Hidayat, ST Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif, Abdul Majid Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan dan Narasumber Galuh Fahmi Pokdarwis Tilanah Jogja.

“Saat ini sebanyak 135 desa wisata di Kalimantan Timur yang terdaftar di platform JADESTA (Jejaring Desa Wisata) Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Untuk Kota Balikpapan sebanyak 9 desa wisata yang terdaftar di JADESTA, 6 desa wisata rintisan dan 3 desa wisata berkembang. Kami harapkan semakin banyak desa – desa wisata di Kota Balikpapan yang dapat terstandarisasi dan dikukuhkan oleh Walikota Balikpapan sebagai desa wisata. Begitupun dengan desa wisata yang masih rintisan dapat kita dorong bersama agar menjadi desa wisata mandiri. Tentunya bersama-sama kita dorong agar desa wisata Kota Balikpapan semakin terdepan melalui dukungan manajemen dan program terintegrasi yang pro masyarakat, lingkungan dan budaya melalui empat pilar pengembangan desa wisata yang terintegrasi yaitu pilar destinasi, pilar pemasaran, pilar industri dan pilar sumber daya manusia kelembagaan. Oleh karena itu event Jambore ini merupakan instrumen yang tepat dalam memperkuat koordinasi dan sinergitas untuk pengembangan ekosistem dan pengustan networking/jejaring desa wisata antar pokdarwis maupun dengan instansi terkait. Ujar Ririn Sari Dewi, S.IP., M.Si selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur.”

“Kota Balikpapan dengan kaitan nya pengembangan pariwisata ekonomi kreatif kita sudah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai kota kreatif tahun 2021 dan melalui keikutsertaan kita dalam Asian Tourism Award kita sudah ditetapkan sebagai Asian Clean Tourism Award Certificate tahun 2024-2026 sehingga mari bersama mewujudkan dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif kami bersiap masuk ke dalam kota kreatif jejaris dunia versi unesco city creative city network dipersiapkan tahun 2025 kami mengadakan Focus Group Discussion melibatkan seluruh pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Di sektor pariwisata meningkatnya Pendapatan Asli Daerah Kota Balikpapan 30% bersumber dari pariwisata. Sejalan dengan itu Kota Balikpapan telah terbentuk forum pokdarwis Kota Balikpapan mewadahi ada 28 pokdarwis Kota Balikpapan yang setiap tahun ada penambahan bagaimana mereka pengembangan pokdarwis dan berkelanjutan. Ujar dr. C.I. Ratih Kusuma W selaku Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan.”

Leave a Reply

Close Menu