Skip to main content
NewsNEWS PARIWISATA KALTIM

Festival Kuliner Kalimantan Timur di Anjungan Kalimantan Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta 2024

By Juni 22, 2024No Comments

Badan Penghubung Provinsi Kalimantan Timur di Jakarta melaksanakan Festival Kuliner Tahun 2024 ini di Anjungan Kalimantan Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta (22/6/2024).

Festival Kuliner dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Dra. Sri Wahyuni, MPP. Serta Kedutaan dari Tunisia, Jerman dan Kamboja. Serta Pejabat OPD lainnya di lingkungan Provinsi Kalimantan Timur.

Pada kesempatan ini Dinas Pariwisata Kaltim serta Dinas Pariwisata Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Paser menyajikan kuliner khas nya yaitu sambal yang ada di daerah masing-masing.

Andrie Lesmana Saturninus Kepala Badan Penghubung Kalimantan Timur di Jakarta menyampaikan terima kasih pada laporannya karena festival ini sebagai bentuk dalam memperkenalkan Kalimantan Timur khususnya Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam sajian kuliner yang sangat khas.

Pelaksanaan ini menarik dengan kehadiran tamu undangan baik dari Kaltim serta para Diplomat yang hadir. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Ibu Sri Wahyuni menyampaikan mari nikmati sajian kuliner yang ada pada festival ini dan jangan lupa untuk mengunjungi Kalimantan Timur dengan segala keunikan serta keragamannya baik melalui seni budaya, event dan juga kuliner khas nya. Karna sambal dari Kaltim sangat khas seperti sambal tempoyak, sambal kembang jaong dan lainnya.

Kegiatan ini juga menghadirkan chef terkenal Indonesia yaitu Chef Norman dengan talkshow membuat sambal khas Kalimantan Timur dibersamai oleh pelaku Ekonomi Kreatif dari Dapur Memori Rasa Samarinda Bapak Yudistira. Menyajikan ini tidak dengan bumbu-bumbu biasa namun ada beberapa bahan khusus lainnya yang ada di Kalimantan Timur.

Pelaksanaan ini juga menyajikan pertunjukan kesenian pesisir yaitu tari jepen dan pedalaman dari Ikatan Mahasiswa Mahakam Ulu di Yogyakarta dengan menampilkan besumpit, tari perang dan tari Hudoq. Serta eksibisi permainan tradisional oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur.

Pada kesempatan yang baik ini Anjungan Kalimantan Timur melaksanakan lomba masak sambal khas Kalimantan Timur yang langsung di nilai oleh Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Timur Ibu Ririn Sari Dewi, Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif A. Khalik dan Pelaku Ekraf Kuliner dari Dapur Memori Rasa. Pelaksanaan sangat ramai karna peserta lomba adalah pelajar SMA/SMK di sekitar Kota Jakarta.

Makan sambal di Festival Kuliner
Kegiatan Banhub sukses meleleh
Ndik rugi mulut saya ngiler
Sambal asli Kaltim mantap beneh!
_________
Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur
#ParadiseOfTheEast
#EkrafKaltim
#IKNuntukIndonesia#EventBenuaEtamUntukIndonesia

Leave a Reply

Close Menu