Skip to main content
BERITA

DISPAR Prov. Kaltim Ambil Bagian Dalam Pengkaderan POSBINDU oleh DINKES Prov. Kaltim

By Juni 12, 2024No Comments

          Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan petugas pelaksana/kader Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) di perangkat daerah Provinsi Kaltim, Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim menggelar Refreshing Kader dan Pengaktifan kembali Posbindu PTM di Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2024 yang dilaksanakan di Hotel Grand Verona Samarinda pada 11 – 21 Juni yang dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) angkatan.
.
Dinas Pariwisata (DISPAR) Provinsi Kaltim turut serta menambil bagian yang dalam diwakili oleh Ersa Zuliana, Sy. Rezeki Abdalliah, Gustiana Musdalipah dan Ayunda Diandari.
.
Menurut Kepala Seksi Pencegahan Pengendalian PIM dan Kesehatan Jiwa, dr. Ika Gladies Syaferani, tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk Posbindu PTM dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuan para petugas pelaksana Posbindu di Perangkat Daerah Provinsi Kaltim.
.
“Posbindu PTM memiliki peran strategis dalam pencegahan dan penanganan penyakit tidak menular. Melalui penyegaran kader ini, kami berharap dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular, khususnya bagi ASN dan non-ASN,” ujar dr. Ika.
.
Sesaat sebelum menutup sesi Angkatan satu, Kepala Dinas Kesehatan Dr. dr. H. Jaya Mualimin Sp. Kj., M. Kes,. MARS menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan.
.
“Saya mengapresiasi atas digagasnya kegiatan ini, saya juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mengahasilkan kader-kader Posbindu di masing-masing SKPD yang dapat melakukan skrining kesehatan lebih awal sehingga kedepannya dapat terintegrasi kesehatan layanan primer dengan Puskesmas”, Ujar Mualimin.
.
Ia juga menambahkan, merupakan gerbang kesehatan yang dapat memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara untuk menerapkan gaya hidup sehat kepada para karyawan yang ada di SKPD masing-masing.
Pada kegiatan ini, juga diserahkan Posbindu KIT yang berisi alat pengukur tekanan darah, alat pengukur gula darah, alat pengukur kolesterol, timbangan, pengukur tinggi badan, serta pengukur lingkar perut/pita meteran.

Leave a Reply