Skip to main content
BERITA

AKMAL BERHARAP Perekonomian Berau meningkat melalui sektor Perikanan dan Pariwisata

Biduk-biduk, Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik kembali melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Berau, 23 – 25 Mei 2024.
.
Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu dari empat intansi yang berkesempatan untuk yang mendampingi kunjungan (Pj) Gubernur Kaltim kali ini.
.
Setelah mendarat di Bandara Kalimarau Berau, sekitar pukul 12 siang. Akmal Malik beserta OPD Pemprov Kaltim, OPD Pemkab Berau, dan Forkopimda Kab.Berau melanjutkan perjalanan menuju Biduk-Biduk melalui jalur laut dari Tanjung Redeb.
.
Lokasi pertama yang dikunjungi Pj Gubernur Akmal Malik adalah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBN) di Kampung Biduk-Biduk.
.
Disela kunjungan, Akmal Malik juga turut mendengarkan keluh kesah masyarakat sekitar terkait kendala yang dihadapi oleh para nelayan di Biduk-Biduk.
.
“Kami berharap Pemerintah Provinsi Kaltim dapat memberikan bantuan berupa kelancaran pasokan BBM untuk nelayan dengan penambahan SPBU di sekitar Kecamatan Biduk-Biduk, sehingga peningkatan produksi perikanan dapat memberikan pasokan kebutuhan protein perikanan bagi Kaltim dan IKN”, Ujar salah seorang warga.
.
Gayung bersambut, Akmal Malik mengatakan dalam rangka pemerataan, Pemprov Kaltim merekomendasikan untuk dibangun SPBN di lokasi-lokasi lainnya karena Kaltim dan IKN membutuhkan pangan terutama Protein yang berasal dari laut.
.
“Kaltim dan IKN pasti membutuhkan pangan yang besar, termasuk dari laut. Karena itu kita harus memberi ruang agar nelayan-nelayan kita bisa melaut dengan tenang, bisa melaut dengan kapal yang bagus dan bahan bakar tersedia, sehingga produktivitas mereka juga meningkat”, Kata Akmal.
.
Selain meninjau SPBN, PJ Gubernur juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Pemkab Berau berupa mesin ketinting ukuran 10 PK untuk 14 orang dari Kelompok Nelayan Cahaya Laut, Alat Mesin Tangkap Ikan, Pembangunan Pengaman Abrasi Pantai serta Pembuatan Jalur Tracking Wisata di Pulau Kaniungan yang telah dibuat oleh Dinas Pariwisata Kaltim pada tahun 2023.
.
Akmal berharap, penyerahan bantuan ini untuk dapat meningkatkan roda perekonomian di Kabupaten Berau.
.
“Dengan adanya bantuan ini, kami berharap perekonomian Kabupaten Berau, di wilayah pesisir tidak tertinggal dengan wilayah Ibukota Tanjung Redeb. Dan masyarakat dapat hidup sejahtera terutama dalam bidang perikanan dan pariwisata”, Ujar Akmal

Leave a Reply

Close Menu