Skip to main content
BERITADOK

Rapat Kerja Bidang Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2024: Langkah Strategis Menuju Profesionalisme

By Februari 17, 2024Maret 14th, 2024No Comments

 

Balikpapan, 16 Februari 2024

Rapat Kerja Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sukses di gelar pada hari Jum’at, 16 Februari 2024. Kegiatan yang dihadiri oleh 70 peserta ini terdiri dari perwakilan Dinas Pariwisata se-Kalimantan Timur dan Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kaltim.

Acara dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Ririn Sari Dewi, S.Ip., M.Si. Dalam sambutannya, Ririn menyoroti pentingnya rapat kerja ini dalam menetapkan langkah strategis untuk pengembangan SDM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Beliau menggarisbawahi tujuan utama rapat kerja ini adalah untuk memetakan SDM yang belum menerima fasilitasi pelatihan atau sertifikasi, serta mengidentifikasi SDM yang memerlukan sertifikasi kompetensi guna meningkatkan profesionalitas kerja.

“Dengan diadakannya Rapat Kerja Bidang Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2024 ini, kita dapat memetakan kebutuhan fasilitasi pelatihan kepada para SDM parekraf se-Kalimantan Timur, mana yang membutuhkan pelatihan, mana yang membutuhkan sertifikasi kompetensi” Ungkap Ririn.

Direktur Standarisasi Kompetensi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Faisal S.ST.Par., MM.Par, CHE turut memberikan pengarahan penting. Faisal menyampaikan rencana untuk tahun 2024, di mana akan diadakan 3500 sertifikasi yang direncanakan dilaksanakan di seluruh Indonesia. Program ini terbagi atas fully funded dengan 100% pembiayaan dari Kemenparekraf RI dan cost-sharing dengan industri/pelaku.

“Pada tahun 2024, akan diadakan 3500 sertifikasi yang akan dilaksanakan di seluruh Indonesia. Dan juga pada tahun 2025, dana dekon ke Provinsi dengan skema integrasi pelatihan berbasis kompetensi dan sertifikasi berbasis kompetensi” Ungkap Faisal.

Hasil dari Rapat Kerja Bidang Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2024 mencakup beberapa poin penting. Pertama, fokus pada pemetaan/identifikasi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten/Kota se-Kaltim. Kedua, peningkatan kompetensi SDM Parekraf melalui pelatihan/bimbingan teknis hingga sertifikasi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Ketiga, komitmen untuk mengembangkan standarisasi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif guna memastikan keseragaman kualitas dan profesionalisme di sektor tersebut.

Leave a Reply

Close Menu