Skip to main content
BERITADOK

Bimtek Penerapan Aplikasi SRIKANDI, di Lingkungan DINAS PARIWISATA Prov. Kaltim, Tahun 2024

By Januari 25, 2024Januari 26th, 2024No Comments

PERAN SRIKANDI DALAM KEARSIPAN DINAMIS

SAMARINDA – Rabu pagi (24/01) bertempat di Hotel Grand Verona, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, Ririn Sari Dewi, S.IP., M.Si., membuka secara resmi kegiatan

Nasrul S.S. pada laporan panitia kegiatan menyampaikan maksud dan tujuan pelaksanaan yaitu meningkatkan kualitas dan akuntabilitas dalam kearsipan serta menjadi memori kolektif bangsa, sebab pengelolaan informasi berbasis digital dapat terekam dengan baik dan mempermudah koordinasi antar pemerintah.

“Adapun keberhasilan penerapan aplikasi SRIKANDI ini terletak pada peran, kolaborasi, dan komitmen yang kuat dari seluruh stakeholder di lingkungan pemerintah yang berkaitan sehingga tertib arsip, transformasi digital dalam kearsipan, dan penyelenggaraan SPBE dapat terwujud,” ungkap Kepala Sub Bagian Umum Dispar Kaltim lebih lanjut.

Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi atau yang lebih dikenal dengan SRIKANDI merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) sebagai terobosan baru dalam mengelola arsip dinamis. Beberapa fitur yang terdapat di dalamnya seperti proses pembuatan naskah, verifikasi naskah serta klasifikasi dan pemusnahan arsip.

Melalui bimbingan teknis ini Ririn berharap seluruh pegawai, baik ASN maupun Non ASN, dapat mendukung secara maksimal penggunaan aplikasi SRIKANDI sekaligus mulai menerapkan pertanggal 1 Februari mendatang, sebagaimana instruksi Sekda Prov. Kaltim.

“Kegiatan hari ini tidak berhenti di sini. Kami mengharapkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dapat terus mendampingi dalam pembinaan, sebagai support system utama. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kesukseskan merupakan bagian dari peran aktif berbagai pihak,” pungkas Ririn.

Leave a Reply

Close Menu