Skip to main content
BERITADOK

BIMBINGAN TEKNIS Penyusunan Informasi PARIWISATA tahun 2023

By Juni 9, 2023April 1st, 2024No Comments

Dalam   sambutan pertama yang disampaikan oleh panitia pelaksana  kegiaatan ini bapak Hary Soesantoe mengatakan  maaksud dan tujuan  untuk mengembangkan kemampuan dalam memberikan informasi Pariwisata agar dapat meningkatkan ketertarikan para wisatawan dalam negeri ataupun luar negeri, dengan adanya Informasi Pariwisata memegang peranan penting dalam meningkatkan, Kunjungan Wisatawan ke Kalimantan Timur.

Tema kegiatan adalah “Mewujudkan Informasi Pariwisata sebagai daya dukung Peningkatan Kunjungan Wisatawan ke Kalimantan Timur, dalam kegiatan ini peserta berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 (sepuluh) Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur, masing-masing 2 orang, namun dalam kegiatan ini tidak semua mengikuti hanya berau yg tidak bisa dikarena kan salah satu hal, pelaksanaan ini laksanakan selama 3 (tiga) hari, dari tanggal 07 s/d 10 Juni 2023 bertempat di Hotel Grand Jatra Balikpapan

Biaya kegiatan ini dibebankan melalui dana APBD Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur  Tahun Anggaran 2023 demikian ucapnya panitia pelaksana  kemudian dilanjutkan  sambutan  Kepala Dinas Pemuda Olah Raga  Pariwisata kota Balikpapan sebagai tuan tempat dilaksanakan kegiatan setelah itu dilanjutkan sambutan Kepala  Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur  yang diwakili oleh Kabid Pemasaran  Bapak Restiawan Baihaqi  mewakili  Kadispar Prov. Kaltim dikarena  undangan acara lain  yang harus dihadiri disebabkan padatnya kegiatan Kadispar. dalam sambutan nya pak Restiawan Baihaqi mengatakan,

Informasi Pariwisata merupakan salah satu metode untuk mengembangkan/menunjang perkembangan pariwisata di kota/kabupaten agar dapat di promosikan kepada pihak luar ataupun dalam negeri. Di Indonesia teknologi informasi digunakan sebagai penyimpanan data dan penyajian informasi pariwisata berbasis elektronik, sehingga nantinya sistem tersebut digunakan untuk memberikan kemudahan dalam mengakses suatu informasi yang berkaitan dengan wisata di suatu kota/kabupaten.

Pada dasarnya Informasi Pariwisata tersebut merupakan kolaborasi antara sistem informasi dengan sektor pariwisata yang mana pada masa ini revolusi industry 4.0 sedang menjadi bagian dari penting dalam perkembangan pada era globalisasi, dan pada masa revolusi industri keempat disini merupakan masa dimana berkembangnya teknologi informasi. Sehingga hal ini menjadi peluang atau potensi bagi pemerintah dalam mengembangkan berbagai sektor, khususnya dalam pemanfaatan teknologi informasi di bidang pariwisata.

Secara harfiah Informasi disini merupakan sekumpulan dari seluruh data yang dapat diolah menjadi suatu bentuk yang sangat bermanfaat dan lebih berguna bagi yang menerima, Kemudian Informasi dalam sektor Pariwisata dimanfaatkan untuk menjadi sarana promosi yang mana tujuannya untuk menarik para wisatawan.

Pariwisata dalam hal ini adalah segala macam aktivitas suatu wisata yang mana didukung dan difasilitasi serta diberikan pelayanan yang telah disediakan oleh pemerintah Pusat, daerah, Masyarakat, dan pengusaha. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi diharapkan sektor pariwisata meningkat pesat.

Dengan adanya pelatihan Penyusunan Informasi ini diharapkan semakin mengembangkan kemampuan dalam memberikan informasi untuk meningkatkan ketertarikan para wisatawan dalam negeri ataupun luar negeri serta Dengan adanya Informasi Pariwisata memegang peranan penting dalam meningkatkan berbagai hal dari segi Ekonomi (PAD), Daya Saing Pariwisata, Sektor Pariwisata, Minat Wisata, dan Kunjungan Wisatawan ke Kalimantan Timur, demikian ucap bapak Baihaqi  atau  nama panggilan akrap beliau, setelah itu dilanjutkan  membuka dengan Resmi acara Bimtek Penyusunan Informasi Pariwisata  Prov. Kaltim

-M.Z.A-

Leave a Reply

Close Menu