Skip to main content
BERITADOK

TINGKATKAN KUALITAS, Dispar Prov. Kaltim BERIKAN BIMTEK Pengelolaan HOMESTAY di Desa Tanjung Isuy

By Mei 26, 2023April 1st, 2024No Comments

 

Tanjung Isuy, 25 Mei 2023

          Perkembangan destinasi wisata di Indonesia terkhusus di Provinsi Kalimantan Timur kini telah mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari jumlah kunjungan wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara yang datang berkunjung kesejumlah destinasi wisata yang ada di Kaltim.   Salah satu pelayanan yang diperlukan guna memberikan pengalaman terbaik kepada para wisatawan adalah dengan tersedianya sarana akomodasi, baik berupa hotel ataupun homestay/pondok wisata yang ada di destinasi wisata.   Melihat geliat perkembangan pariwisata yang ada di kawasan 3 danau, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pariwisata memberikan beberapa pelatihan ataupun bimbingan teknis, yang mana salah satunya adalah Bimbingan Teknis Homestay.

         Bimbingan Teknis Homestay yang digelar di Desa Tanjung Isuy, Kecamatan Jempang, Kabupaten  Kutai Barat berlangsung selama 2 (dua) hari pada tanggal 24 – 25 Mei 2023.  Peserta bimtek tersebut berjumlah 30 (tiga puluh) orang yang merupakan pelaku usaha homestay, ataupun   masyarakat yang berminat untuk menjadikan rumahnya sebagai Homestay dan anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

          Pada kesempatan ini, Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, H.M. Irvan Rivai, S.Sos, mewakili Kepala Dinas Pariwisata membuka secara resmi kegiatan bimbingan teknis ini.  “Kita patut berbangga karena Danau Jempang masuk kedalam 15 danau prioritas nasional. Hal ini berarti bahwa danau Jempang memiliki nilai strategis ekonomi, ekologi, dan sosial budaya. Kebutuhan akan homestay pun semakin dibutuhkan terlebih Desa Tanjung Isuy telah dikenal dikalangan wisatawan lokal dan mancanegara” Ungkap Irvan dalam sambutannya.

          Dalam Bimbingan Teknis Homestay di Tanjung Isuy ini, peserta mendapatkan pembekalan berupa materi dan praktek yang disampaikan oleh beberapa narasumber yang berasal dari Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) Program Studi Pariwisata dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kutai Barat.

Kegiatan diakhiri secara resmi yang ditandai dengan penyerahan sertifikat kepada perwakilan peserta dan penyerahan cinderamata.

(AY/AY/GM)

Leave a Reply

Close Menu