Skip to main content
BeritaNews

DISPAR Kaltim Gelar Pelatihan , AJAK MASYARAKAT Peduli Lingkungan Sampah Dan Sanitasi

By Mei 5, 2023Mei 13th, 2023No Comments

Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur memberikan Pelatihan Kebersihan Lingkungan, Sanitasi dan Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata pada Kamis hingga Jum’at 4 – 5 Mei 2023 di Desa Muara Wis Kecamatan Muara Wis Kabupaten Kutai Kartanegara.
Pelaksanaan kegiatan ini mengusung dua metode pelajaran, yakni metode pembelajaran kelas dan diskusi praktik. Kegiatan ini diikuti 50 (lima puluh) orang peserta yang berasal dari desa wisata muara wis dan muara engggelam dalam kesempatan ini juga dilakukan kunjungan lapangan ke daya tarik wisata Puluhan Nusa untuk melihat secara langsung dan belajar bagaimana caranya melaksanakan penyelenggaraan kebersihan lingkungan, pengelolaan sanitasi dan pengelolaan sampah sesuai dengan standar yang telah ditentukan di daya tarik wisata tersebut.
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pariwisata H.M. Irvan Rivai, S.Sos, dalam sambutannya disampaikan bahwa Potensi Danau Melintang yang terletak di Kawasan Muara Wis dan Muara Enggelam, ini perlu disadari sebagai komoditi Ekowisata unggulan Kalimantan Timur yang akan menarik wisatawan untuk berkunjung. Pentingnya kebersihan obyek wisata, sanitasi, serta pengelolaan sampah menjadi salah satu sebab pentingya pelatihan, serta wujud perhatian Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Bahkan perhatian terhadap SDM di Kawasan 3 Danau, khususnya Danau Melintang akan berkesinambungan, dalam waktu dekat juga akan diselenggarakan pelatihan-pelatihan lainnya guna meningkatkan pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola daya Tarik wisata yang berkelanjutan, tutup “H.M. Irvan Rivai, S.SosHA”
Selama kegiatan, peserta mendapatkan pengalaman pengelolaan kebersihan, kesehatan dan kelestarian lingkungan di destinasi pariwisata oleh narasumber yang berasal dari akademisi Universitas Mulawarman dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kutai Kartanegara dalam tata kelola sampah yang ramah lingkungan.

Leave a Reply

Close Menu