Skip to main content
BERITADOKNEWS PARIWISATA KALTIM

Dalam Memperkuat SDM Desa Wisata, Dispar Kaltim menggelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata se Kalimantan Timur 2023

By Maret 21, 2023April 1st, 2024No Comments

Perkuat SDM Desa Wisata, Dispar Kaltim Gelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata se Kalimantan Timur
Balikpapan, 21 Maret 2023

Desa wisata merupakan salah satu desa yang ditetapkan sebagai desa yang berpotensi untuk wisata , oleh karena itu dengan adanya kerjasama yang bersinergi antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota, maka diharapkan desa wisata akan dapat diwujudkan dan berkembang di benua etam ini, dan tentunya tidak terlepas dari peran, serta dukungan semua pihak khususnya masyarakat dan pelaku pariwisata.

Melalui program pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Kalimantan Timur menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata se Kalimantan Timur, yang diikuti 50 (lima puluh) orang yang terdiri dari kelompok sadar wisata (POKDARWIS), perangkat kampung hingga perangkat desa Kab/Kota se Kalimantan Timur. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 19-21 Maret 2023 di Blue Sky Hotel Kota Balikpapan, yang diisi pemateri dari Juri Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023, Dr. Nyoman Kandia, M.Ag, Akademisi Pariwisata M. Fauzan Noor, SE.Par., M.Par dan praktisi digital Mirza Yonathan.

Drs. Ahmad Herwansyah, M.Si mengatakan, sudah menjadi satu bukti dan motivasi buat kita, bahwa beberapa desa wisata yang ada dikalimantan timur sudah mengikuti dan berkompetisi di tingkat nasional bahkan menjadi nominator dan mendapatkan prestasi di bidang kelembagaan, mudah-mudahan kedepan akan lebih banyak lagi prestasi desa wisata yang diraih oleh kabupaten/kota di kalimantan timur.
Program pengembangan desa wisata akan dilaksanakan secara bertahap. Melalui dinas pariwisata provinsi kalimantan timur pemerintah mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan program tersebut pada masing-masing bidang.yang nantinya diharapkan pelaksanaan kegiatan baik secara fisik maupun non fisik semua dapat bersinergi dan terfokus pada pengembangan desa wisata yang sudah ditetapkan, “tutup Kadispar Prov.Kaltim”.

Leave a Reply

Close Menu