Skip to main content
Berita

Lomba dan Jambore Pokdarwis Tingkat Provinsi Kalimantan Timur 2022

By November 24, 2022No Comments

Penajam Paser Utara – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur menggelar pembukaan kegiatan Lomba dan Jambore Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (23/11).

             Kegiatan ini merupakan bentuk pembinaan terhadap Pokdarwis yang ada di Kalimantan Timur, hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Provinsi Kalimantan Timur, Drs. Ahmad Herwansyah, M.Si.   “Kami berharap kegiatan ini bisa memberikan motivasi semangat untuk belajar, semangat untuk berkarya, sehingga nantinya ada perwakilan Pokdariws kaltim yang masuk peringkat di tingkat Nasional tahun 2023”.

             Selain itu sambutan yang disampaikan oleh Plt. Bupati Penajam Paser Utara, Ir. H Hamdan  “Melalui kegiatan ini diharapkan adanya semangat untuk membangun komitmen seluruh komponen masyarakat, untuk bersama sama menciptakan lingkungan dan suasana yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan pariwisata yang adil dan beradap, untuk mendorong motivasi masyarakat agar dapat menjadi tuan rumah yang baik khususnya melalui penerapan  dalam perwujudan Pariwisata Kalimantan Timur ”.

            Dalam sambutannya Gubernur Provinsi Kalimantan Timur yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang III SDA Ekonomi, bapak Christianus Benny, S.Hut, MH  mengungkapkan, ” Saya sangat mengapreasiasi diadakannya kegiatan ini dan berharap Lomba dan Jambore Pokdarwis dapat membangun jejaringan diantara anggota  Kabupaten dan  Kota dalam memperjuangkan kepentingan bersama, saling bertukar pengalaman dan pengetahuan serta mempromosikan Sapta Pesona Pariwisata Indonesia demikian ungkapnya, kemudian dilanjutkan acara pembukaan dengan  penabuhan genderang bersama oleh  Staf Ahli Gubernur, Kadispar  Prov. Kaltim dan Plt Bupati Penajam pertanda resminya acara Lomba dan Jambore Pokdarwis tahun 2022 di Penajam Paser Utara Kemudian dilanjutkan  Pengumumman Pemenang Lomba Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur 2022 :

Juara 1 : Sumping Nusa Kab. Berau
Juara 2 : Tanjung Bayur Kota Balikpapan
Juara 3 : Bontang Baru Bersinar Kota Bontang
Harapan 1 : Alas Indah Sari Kab. Paser
Harapan 2 : Sawah Gunung Mulia Kab. PPU

Berikutnya Berdasarkan Kategori :
1. Penggerak Daya Tarik Wisata Buatan : Trigona Reborn Kab. Kutim
2. Penggerak Daya Tarik Wisata Budaya : Sempekay Lamin Mancong Kab.Kubar
3. Penggerak Daya Tarik Wisata Alam : Embau Blaam Kab. Mahulu
4. Kreatif dan Inovatif : Kampung Ketupat Warna Warni Kota Samarinda.

Adapun pelaksanaan kegiatan Jambore akan berlangsung
dari tanggal 23 – 26 November 2022, dengan 8 agenda kegiatan yaitu :
1. Sarasehan Pokdarwis
2. Pengenalan Daya Tarik Wisata
3. Obyek Wisata Pokdarwis
4. Gelar Cendramata Pokdarwis
5. Video Konten Kreatif Obyek Wisata Pokdarwis
6. Aksi dan Tanggap Sapta Pesona Pokdarwis
7. Atraksi Seni Pokdarwis
8. Fun Game Pokdarwis

Leave a Reply