Skip to main content
BERITADOK

Dukung pengembangan Daya Tarik Wisata Kota Bontang, Dinas Pariwisata Prov. Kaltim melaksanakan Kegiatan Pembinaan dan Pengawasan ODTW.

By Juni 2, 2022April 2nd, 2024No Comments

Kota Bontang merupakan salah satu destinasi pariwisata di Kalimantan Timur yang menawarkan beragam Objek atau Daya Tarik Wisata yang sangat mengagumkan. Namun demikian, para pengelola usaha Daya Tarik Wisata saat ini masih menghadapi permasalahan diantaranya: masalah penataan, pengelolaan dan pengembangan Daya Tarik Wisata yang masih belum sesuai dengan standar yang ditetapkan. Oleh karena itu Dinas Pariwisata Prov. Kaltim melalui Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata melaksanakan Pembinaan dan Pengawasan ODTW di Kota Bontang pada tanggal 23 – 27 Mei 2022 dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan pemilik dan pengelola usaha agar sesuai dengan standar yang ditentukan. Kegiatan yang dilakukan meliputi:

1) Pemberian materi tentang Usaha Pariwisata, 2) Pemberian materi tentang Standar Pengelolaan Usaha Daya Tarik Wisata, 3) Diskusi.
Kegiatan ini dilaksanakan di 5 Objek atau Daya Tarik Wisata yaitu :
1. Mangrove Edu Park
2. Kenari Water Park
3. Tantina Water Park
4. Bontang Mangrove Park
5. Lembah Permai.

Imam Rusdi Hidayat selaku Kasi Pengembangan Industri Pariwisata sekaligus pelaksana kegiatan mengatakan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah, “Untuk melakukan sosialisasi Undang Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan Pasal 15 bahwa untuk dapat menyelenggarakan usaha pariwisata sebagaimana dimaksud dalam pasal 14, pengurus pariwisata wajib mendaftarkan usahanya terlebih dahulu kepada Pemerintah atau Pemerintah Daerah.”

Sementara itu Pemilik Tantina Water Park, Tatiana dengan senang hati menyambut pelaksanaan kegiatan ini. “Para pemilik pengelola wisata sangat senang dengan kedatangan Dinas Pariwisata Prov. Kaltim karena dengan adanya kegiatan ini kami dapat memahami tentang standar usaha pariwisata serta tata cara pendaftaran usaha pariwisata melalui OSS. Kami juga banyak menerima masukan dari PUTRI (Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia) agar tempat kami ini semakin berkembang dan lebih dikenal lagi dengan strategi marketing yang baik.”

Kegiatan Pengembangan dan Pengawasan ODTW ini bekerjasama dengan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Bontang dan PUTRI (Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia) Kalimantan Timur.

Close Menu