Skip to main content
BERITADOK

Kartini: Pelopor Emansipasi Wanita Indonesia

By April 21, 2022April 3rd, 2024No Comments

“Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.” – R.A. Kartini

Siapa yang tak mengenal sosok Raden Ajeng Kartini?

R.A. Kartini merupakan Pahlawan Nasional yang berjasa dalam mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam berbagai bidang, seperti halnya bidang sosial, bidang hukum, serta khususnya bidang pendidikan.

Pemikiran-pemikiran R.A. Kartini yang dipengaruhi lingkungan sosialnya membuatnya berkeyakinan bahwa pendidikan merupakan alat untuk memajukan sebuah bangsa. Ilmu pengetahuan yang didapat seseorang merupakan sebuah jalan mencapai kebahagiaan.

Keberadaan perempuan-perempuan hebat Indonesia masa kini tentu tak terlepas dari figur emansipatoris ini. Berkat R.A. Kartini Indonesia memiliki banyak perempuan-perempuan berprestasi dalam profesinya masing-masing, baik dalam skala nasional maupun internasional.

Hal tersebut sejalan dengan yang disampaikan Ibu Iriana Joko Widodo selaku Pembina Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju dalam Peringatan Hari Kartini ke- 144 Tahun 2022 (21/04) yang dilaksanakan secara langsung dari Istana Negara, yang dihadiri pula oleh seluruh perwakilan OPD di lingkungan Pemprov. Kaltim melalui virtual di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kalimantan Timur.

Dalam acara ini diberikan penghargaan kepada perempuan berjasa dan berprestasi baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, sosial dan budaya, lingkungan hidup, dan pertanian sejumlah 514 orang penerima yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia.

Harapan daripada pelaksanaan kegiatan Peringatan Hari Kartini tentu sebagai ruang untuk memperingati dan terus mengibarkan semangat juang R.A. Kartini yang telah berjasa bagi perempuan-perempuan Indonesia. Pun, sebagai pendorong untuk terus berkarya nyata dan berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Close Menu