Skip to main content
BERITADOK

Workshop Film Komunitas Sineas Muda Balikpapan

By April 1, 2022April 3rd, 2024No Comments

Balikpapan, 31 Maret 2022
Bertempat di Creative Center Balikpapan, kegiatan Workshop Film ini terlihat ‘keren’ dan ‘santuy’.
Komunitas Sineas Muda Balikpapan (KSMB) selaku penggagas kegiatan menggandeng Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan Kegiatan dua hari ini ( tanggal 30 – 31 Maret 2022) dilaksanakan dengan jumlah peserta 50 orang. Peserta yang ikut, melalui kurasi yang cukup panjang. Lebih 100 orang calon peserta yang mendaftar via online. ” Kurasi dilakukan untuk menjaga kualitas peserta, selanjutnya KSMB telah bersiap untuk meneruskan event Balikpapan Film Festival 2022” ujar Abdul Rahman Rezki yang juga ketua panitia.

Narasumber workshop adalah mereka yang telah berdedikasi tinggi dengan dunia sineas Kalimantan Timur. Diantaranya Nala Arung (pelaku film dan teater) mempratikkan pemeranan/akting dan David Richard (Sutradara film ‘Guru Beru dan ‘Ranam’) menyampaikan materi penyutradaraan.

Pada hari kedua, peserta praktik membuat film secara berkelompok. Diakhir kegiatan, semua kelompok diberi waktu ‘kelas fithcing” / mendiskripkan singkat karya filmnya dihadapan narasumber dan ketua panitia. ”Karya film peserta, sudah menunaikan standar baku prosedural pembuatan. Teknis pengambilan gambar. Pemeranan dan penyutradaraan hingga editing sangat nyaman ditonton, sebagai kerja dadakan patut kita apresiasi’ komentar David.

Kegiatan Workshop Film, tahun ini merupakan kegiatan ketiga kalinya. Dengan tujuan mendapatkan sineas muda Balikpapan yang berdaya saing.
Diacara penutupan, Awang Khalik, S.Sn mewakili Dinas Pariwiisata Provinsi Kalimantan Timur diberi kesempatan sambutan. Kaltim sangat bangga mempunyai komunitas film di Balikpapan. selalu eksis dengan ragam kegiatan perfilman. Setelah Balikpapan Film Festival.

Selanjutnya, penyelenggaraan Kaltim Film Festival. Ambil hikmah positif saat workshop dan diterapkan dalam karya, Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim menunggu karya terbaik saudara-saudari pada perhelatan Kaltim Film Festival 2022, pungkas Awang.

Close Menu