Skip to main content
Berita

Dusun Putak Rayakan Festival Panen Padi dan Nutuq Bahapm 2023

By Maret 23, 2022No Comments

Masyarakat Dusun Putak kembali gelar Festival Panen Padi dan Nutuq Bahapm di Dusun Putak Desa Loa Duri Ilir, Kecamatan Loa Janan (22/3). Mewakili Bupati Kukar, Festival Nutuq Bahapm dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kukar Slamet Rahardjo. Dihadiri oleh Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kaltim, Endang Effendi Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif mewakili Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, Kadis Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Kaltim,
Kadis Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kukar, Kepala UMKM Kabupaten Kukar, Camat Loa Janan, Perwakikan PT ABK Group, Kepala Desa Loa Duri Ilir, Kepala Dusun VI Putak, Kepala Adat Dayak Kota Samarinda, Kepala Adat Besar Dayak Benua, Tunjung, Paser, Bentian dan Basab.

Dalam sambutannya ketua panitia menyampaikan bahwa festival panen ini merupakan festival panen ke 5 yang diadakan oleh masyarakat Dusun Putak. Dari kegiatan ini diharapkan kedepannya pemerintah dapat membina Dusun Putak dengan pelatihan, diklat, dan sertivikasi untuk pelaku usaha kreatif dengan tujuan meningkatkan Dusun Putak dalam segi Pariwisata. Festival Panen Padi dan Nutuq Bahapm sendiri merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Dusun Putak atas keberhasilan panen padi sekaligus bentuk harapan untuk keberhasilan panen di tahun-tahun mendatang.

Pada rangkaian kegiatan Festival Nutuq Bahapm terdapat pula pertunjukan tari daerah, peragaan permainan tradisional masyarakat Dusun putak, stand kuliner dan souvenir.

Kepala Adat Besar Dayak Benuaq Tunjung se-Kutai Kartanegara dalam sambutannya Menyampaikan, dalam derasnya arus Jaman event-event adat dan kesenian daerah menjadi kunci agar generasi muda tidak melupakan adat dan budaya leluhur.

“Adat dan budaya kita perlu dilestarikan!” ujarnya

Close Menu