Skip to main content
Berita

Siapkan SDM Parekraf Yang Unggul, Dispar Kaltim Kunjungi Desa Semayang dan Muara Enggelam

By Maret 14, 2022No Comments

Desa Semayang dan Muara Enggelam merupakan desa yang terletak di Kecamatan Kenohan dan Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang mana kedua desa ini merupakan daerah kawasan wisata yang masuk dalam program pengembangan destinasi 3 danau di Kalimantan Timur tahun 2022.

Dispar Kaltim yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Dra. Sri Wahyuni, MPP bersama rombongan menyusuri anak sungai mahakam di Desa Pela menuju Desa Semayang pada Jum’at (11/03/2022) dan Muara Enggelam pada Sabtu (12/03/2022).

Maksud kunjungan dari Dispar Kaltim adalah melakukan survei dan mendata masyarakat yang ingin menjadikan rumah tinggal mereka menjadi homestay, serta memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai Sadar Wisata dan Sapta Pesona.

Dalam kesempatan ini, Sri Wahyuni memberikan motivasi kepada masyarakat mengenai pandangan mereka tentang desa Wisata serta menjalin komitmen bersama masyarakat untuk menjadiikan Desa Semayang dan Desa Muara Enggelam di danau Semayang menjadi Desa Wisata.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dispar Kaltim kedepan akan melakukan program peningkatan kapasitas SDM melalui pelatihan 6 paket kegiatan yaitu Sadar Wisata dan Sapta Pesona, Bimbingan Teknis Homestay, Pelatihan Penyajian Kuliner, Pelatihan Service Excellence & Hospitality serta Workshop Musik dan Tari.

“Masyarakat dan Pemerintah Desa diharapkan mampu bekerjasama dalam menjalankan program-program yang bertujuan menguatkan dan menjadikan Desa Wisata guna mewujudkan SDM Parekraf yang unggul dan membangkitkan kembali perekonomian warga” turur Sri Wahyuni.

Close Menu