Skip to main content
Berita Terkini

Kunjungan Wisata Edukasi Kang Bejo, Dispar Kaltim dukung pertumbuhan Ekonomi Warga RT 40

By March 9, 2022No Comments

Senin 7 Maret 2022, Kota Balikpapan, sebagai salah satu kota yang ada di Kalimantan Timur tidak hanya akrab dengan wisata mangrove atau wisata pantai saja, namun juga memiliki tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan yang menyejukkan mata. Tempat wisata tersebut terletak di Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah. Tempat itu adalah Kebun Kangkung namun masyarakat lebih akrab dengan menyebutnya dengan Wisata Edukasi Kang Bejo. Nama Kang Bejo bukanlah nama pendirinya, melainkan diambil dari singkatan Kangkung Sumber Rejo karena area ini merupakan kebun kangkung.

Wisata Edukasi Kang Bejo telah berdiri sejak tahun 2019 serta memiliki luas 1,7 Hektar, tidak hanya menyediakan wisata alam yang memanjakan mata dengan tanaman kangkung yang hijau nan asri, namun juga menyediakan berbagai pengetahuan-pengetahuan baru bagi pengunjung seperti bagaimana cara menanam kangkung dan memanen kangkung, menanam tanaman secara hidroponik, serta mengolah biji kedelai dan di proses menjadi olahan tempe.

Kegiatan kunjungan ke Wisata Edukasi Kang Bejo dilakukan pada hari Senin (07/03/22) mulai pukul 16.00 WITA. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Dra. Sri Wahyuni MPP, didampingi oleh Walikota Balikpapan, H. Rahmad Mas’ud, S.E., M.E, Ketua Forum Ekonomi Kreatif Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas’ud dan ketua III PKK kota Balikpapan, Hj. Yulianti Abdulloh dan seluruh Dinas Pariwisata se-Kalimantan Timur disambut dengan kesenian lokal yang ditampilkan oleh warga RT 40.

Rombongan kemudian mengunjungi tempat isolasi warga yang terinfeksi COVID-19 sebagai salah satu perwujudan kepedulian masyarakat RT 40 untuk memutus penyebaran virus COVID-19. Selanjutnya kunjungan dilanjutkan dengan mengunjungi homestay dan diakhiri dengan ramah tamah di pendopo yang diberi nama “Lamin Etam” sembari menikmati berbagai suguhan dan olahan berbahan dasar kangkung dan menikmati pemandangan lingkungan sekitar.

“Pentingnya peningkatan SDM dalam pengelolaan pariwisata dan ekonomi kreatif disuatu industri serta membangun suatu inovasi yang mampu menghasilkan karya-karya yang mampu memberikan manfaat bagi pelakunya dalam sisi ekonomi. Pariwisata dan ekonomi kreatif akan selalu berdampingan dalam kehidupan sehari-hari kita didalam dunia kepariwisataan”, ucap Dra. Sri Wahyuni, MPP Kadispar Prov.Kaltim