Skip to main content
Berita

Cerita Bakau Emas di Mentawir

By Maret 9, 2022No Comments

Desa Mentawir adalah salah satu Kelurahan di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur sangat dekat dengan lokasi pembangunan IKN .
Menurut informasi dari Pak La Male selaku ketua pokdarwis Tirem Tambun ada cerita kenapa di sebutnya bakau emas atau bakau lemit (keringat) karena dahulu kala, ada dua orang pemuda menggantungkan bajunya yang berkeringat di pohon tersebut.
Kedua orang tersebut bernama longseu dan rundap. Konon ceritanya Mereka adalah manusia besar, yang apa bila tersesat dihutan cukup hanya dengan menyebutkan namanya maka akan dibukakan jalan.

Hingga kini Kepercayaan itu masih dipercaya oleh masyarakat sekitar, dan Kawasan Bakau Emas juga di jadikan kawasan religi oleh warga pribumi serta mereka sering mengadakan ritual hajatan dengan menurunkan sesajian setiap tahunnya yang dipakai sebagai bagian dari prosesi ibadah bagi kepercayaan mereka.
Menariknya, Pernah suatu waktu Warga sekitar melakukan riset pada daun Bakau Emas atau Bakau Lemit, ajaibnya selama proses riset yang diadakan bertahun-tahun lamanya warna daun tersebut tidak pernah sedikitpun mengalami perubahan hingga warga pun takjub akan fenomena tersebut loh.

Close Menu