Skip to main content
Berita

TINGKATKAN PENGELOLAAN DESA WISATA, DISPAR PROV.KALTIM GELAR PELATIHAN

By November 12, 2021November 18th, 2021No Comments

Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Tahun 2021 dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada Selasa, 9 s/d Rabu 10 November 2021 di Hotel Zoom Samarinda Ruangan Emerald. Acara dibuka resmi oleh Sekretaris Dinas Pariwisata H.M. Irvan Rivai, S.Sos pada selasa 9 November 2021 pukul 19.30 Wita.

Kegiatan juga diisi dengan Praktik lapangan yang akan dilaksanakan pada hari Rabu 10 November 2021 pada pagi pukul 08.00 Wita di Desa Budaya Pampang Kota Samarinda.

Kegiatan Pembinaan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Tahun 2021 ini diselenggarakan bertujuan agar para peserta mengetahui dan memahami pengetahuan dasar Kepariwisataan dan pentingnya Sapta Pesona dalam mewujudkan masyarakat Sadar Wisata serta Mengetahui dan memahami pengembangan kelembagaan pengelola desa wisata dan pengembangan serta pengelolaan produk pariwisata di desa wisata.

Peserta Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Tahun 2021 berjumlah 40 (empat puluh) orang terdiri dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di 10 Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Timur. Narasumber berasal dari Akademisi Universitas Mulawarman dan Politeknik Negeri Samarinda.

Desa Wisata merupakan salah satu sarana pendukung penting dalam perjalanan wisata. Tren perjalanan Pariwisata saat ini mengalami perubahan, dari wisata massal menjadi wisata alternative ini memberikan keuntungan bagi desa wisata untuk bisa menjadi pilihan dalam pengembangan pariwisata.

Terdapat 4 Manfaat bagi pengelolaan dan pengembangan desa sebagai desa wisata yaitu (1) Pertama, tingkat hidup masyarakat maju dan budaya serta tradisi yang dapat dilestarikan. (2) Kedua, manfaat perekonomian bagi masyrakat pedesaaan. (3) Ketiga, meningkatkan keberadaan industri kecil dan menengah dan (4) Keempat, sebagai promosi produk lokal.

Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata, terjadi kesamaan gerak antara Pemerintah Pusat dan Provinsi dalam rangka “percepatan” peningkatan Kapasitas dan Pengembangan SDM Pariwisata Yang Kuat Untuk Kaltim Berdaulat. Ucap H.M. Irvan Rivai, S.Sos

Sumber : https://www.facebook.com/pariwisata.kaltim

Close Menu