Virtual Konferensi Pers VISIT KALTIM FEST 2021: "Wastra Indonesia, Dari IKN Untuk Nusantara"

Virtual Konferensi Pers VISIT KALTIM FEST 2021: "Wastra Indonesia, Dari IKN Untuk Nusantara"

Mengawali tahun 2021, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur kembali menggelar Virtual Visit Kaltim Fest (VKF) Seri Pertama yang dilaksanakan dalam rangka HUT ke-64 Provinsi Kalimantan Timur.
Kali ini VKF secara khusus berkolaborasi dengan Borneo Fashion Bration (BFB) dengan tema “Wastra Indonesia, dari IKN untuk Nusantara”

Kegiatan VKF Seri Pertama diawali dengan konferensi pers pagi tadi yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Dra. Sri Wahyuni, M. PP, Founder BFB Anas Magfur, Muhammad Raffi Alfah Rezi yang merupakan designer termuda, Designer Jakarta Indah serta Designer Jambi Edyfa yang tesambung secara langsung melalui Aplikasi Zoom.

Dra. Sri Wahyuni ,M. PP memaparkan bahwa Virtual VKF pada tahun 2021 akan dibagi kedalam Tiga(3) seri yang terdiri dari Seri Pertama yaitu Borneo Fashion Bration (BFB), Seri Kedua Festival Sangkulirang dan Seri Ketiga yaitu seri Tiga Danau.

“Untuk di tahun 2021 akan ada 3 tema besar untuk Virtual VKF, diawal tahun kita akan mulai Seri Pertama yaitu Borneo Fashion Bration (BFB), dengan tema “Wastra Indonesia dari IKN untuk Nusantara, sekaligus dirangkai dalam rangka HUT ke 64 Kalimantan Timur. Mengapa kami bekerja sama dengan BFB karena Fashion merupakan salah satu sub sektor ekonomi kreatif yang berpeluang untuk dikembangkan dikaltim. Kemudian untuk Seri Kedua nanti akan ada Festival Sangkulirang, seperti yang kita ketahui bahwa di Kabupaten Kutai Timur tepatnya di Kecamatan Sangkulirang terdapat Tapak Tangan Purba yang telah berumur kurang lebih 10.000 SM, kami berharap dengan diangkat Festival Sangkulirang dapat memberikan informasi ke dunia luar tidak hanya Kalimantan bahwa tidak hanya Goa Karstnya saja yang terkenal tetapi Sangkulirang juga memiliki wisata Petualangan (Adventure). Dan yang terakhir adalah seri 3 Danau”, Papar Sri Wahyuni.

Melanjutkan perbincangan pada sesi konferensi pers Anas Magfur selaku Founder BFB menjelaskan yang melatarbelakangi dari kegiatan BFB. “ide awal dari BFB merupakan buah pemikiran dari teman-teman Designer yang berada diKaltim dan projek BFB sebenarnya sudah setahun yang lalu kami rencanakan untuk berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi namun karena pandemi akhirnya kami memutuskan untuk menunda kegiatannya dan diakhir 2020 kami bertemu kembali dengan Ibu Sri Wahyuni dan membahas lebih lanjut terkait kegiatan BFB. Alhamdullillah Kegiatan BFB terwujud diawal 2021, adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menghidupkan Industri Fashion yang ada kaltim, seperti yang diketahui bahwa kaltim terkenal dengan keanekaragaman dan keindahan wastranya dan kita melihat potensi- potensi wastra di kaltim yang mungkin belum ter-explore dan kami ingin menunjukkan itu dalam ajang Festival Fashion.” Ujar, Anas.

Acara Virtual VKF akan terus berlanjut hingga sore nanti yang dikemas kedalam Fashion Talk : Wastra Nusantara, via webinar Pukul 15.00 - 16.30 Wita dengan narasumber Desainer kondang Musa Widyatmodjo, Fanti Nurvita (Ketua ASEPHI Kaltim) dan Rinanda Maharani (Putri Pariwisata Indonesia Favorit 2020).

Kemudian dilanjutkan pada tanggal 13 Januari 2021 Pukul 15.00 - 16.30 Wita dengan narasumber Desainer kondang Lenny Agustin dan Anas Maghfur (Pendiri Digitasi Academia).

BFB akan menampilkan Rancangan Busana karya 53 desainer regional dan nasional yang akan tampil pada trunk show Virtual VKF tgl 16 Januari mendatang, yang diawali dengan Fashion show daerah dari 5 Kab/Kota di Kaltim dan akan resmi dibuka secara virtual oleh Gubernur Kaltim.

 

Komentar