Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Hadiri Serta Memberikan Paparan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Pada Rapat Koordinasi Nasional Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif II 2024, di Nusa Tenggara Barat.
Nusa Tenggara Barat. Senin (30/9), Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Kemenparekraf RI yang bertujuan untuk menyusun langkah-langkah strategis dalam memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air. Dengan mengusung tema “Strategi Pemasaran Pariwisata yang Inovatif,Adaptif dan Kolaboratif untuk Kemajuan Pariwisata Indonesia” yang dilaksanakan 28 Sep – 1 Okt 2024 di Hotel Lombok Raya
Acara diawali dengan sambutan Bapak Sandiaga Salahuddin Uno Menparekraf RI malui daring, dalam sambutnya “Kemenparekraf RI memberikan Apresiasi kepada Nusa Tenggara Barat NTB sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional 2024 Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif II selain itu dengan adanya Rakornas ini, diharapkan sektor pariwisata di tiap daerah di Indonesia dapat semakin berkembang dan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian Nasional
Sambutan kedua di sampaikan langsung oleh Ibu Ni Made Ayu Marthini selaku Deputi Bidang Pemasaran dalam sambutnya menyampaikan
“Peserta yg hadir saat ini kurang lebih 600 orang. Kita semua hadir dengan tujuan yang sama, yaitu untuk menyamakan persepsi, mendorong kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah, serta mendukung Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dengan target mencapai 1,5 miliar pergerakan wisatawan, kami berharap 38 provinsi ini dapat melaksanakan program BBWI ini dengan baik. Strategi yang perlu kita terapkan adalah kemampuan beradaptasi dengan situasi terkini. Adaptasi dan inovasi menjadi sangat penting dalam mencapai keberhasilan. Dari segi pemasaran, kita bisa memanfaatkan hasil pembelajaran dan rekomendasi dari pengalaman sebelumnya, sehingga target kita untuk tahun depan dapat meningkat”.sambungnya
Sambutan sekaligus membuka kegiatan 2024 oleh Pj.Gubernur NTB yang di wakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTB Bapak.Drs.H.Lalu Gita Ariadi M.Si
“Tentu pada Rakornas Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif II 2024 ini, tentu kita punya banyak tantangan kedepan, sehingga harapan melalui Rakornas Pemasaran ini bisa terus bekerja sama dan bersinegri meningkatkan devisa dan meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.
Rakornas ini juga dimeriahkan oleh Pameran Lombok Sumbawa Nusantara Fair,dan pelaksanaan MotoGP 2024.
Turut hadir :
Sekretaris Daerah Nusa Tenggara Barat, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI, Deputi Otorita IKN Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat, Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf RI,Perwakilan Gubernur/Bupati/ Walikota se-Indonesia, Peserta Rakoranas dari Dinas Pariwisata Provinsi/Kabupaten/Kota se-Indonesia.