Skip to main content
NEWS PARIWISATA KALTIM

Desa Wisata Kelurahan Nipah-Nipah Kabupaten Penajam Paser Utara Lolos 50 Besar ADWI

By Agustus 12, 2024No Comments

Senin, 12 Agustus 2024, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salehudin Uno datang kembali ke Provinsi Kalimantan Timur dalam rangka Visitasi 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2024 Senin 12 Agustus di Desa Wisata Kelurahan Nipah-Nipah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Turut hadir Pj. Gubernur Kaltim yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Ririn Sari Dewi, S.IP., M.Si, Pj. Bupati Penajam Paser Utara yang diwakilkan oleh Asisten 1 Nicko Herlambang, ST., Bambang Cahyo Murdoko selaku Direktur Pengembangan Destinasi II, Ari S. Suhandi selaku Dewan Juri ADWI 2024, Udi Hartoko selaku Dewan Juri ADWI 2024, Lurah Nipah-Nipah beserta jajaran Pokdarwis Pantai Nipah-Nipah.

Mas Menteri sapaan akrab Sandiaga Uno juga melakukan beberapa kegiatan di Desa Wisata Kelurahan Nipah-Nipah yaitu seperti kunjungan ke pameran UMKM, Penanaman Bibit Pohon Mangrove, Permainan Bowling Pantai, Melihat Permainan Asinan, serta Permainan Woodball

“Kita memberikan totalitas Ibu Kota Nusantara karena membutuhkan fasilitas yang berkualitas terutama berkaitan dengan pariwisata berkelanjutan yang mengangkat aspek alamnya, kelestarian lingkungan dan budaya tadi secara simbolis diserahkan pendampingan berkelanjutan jadi tahun ini pemerintah masuk kita akan mengajak akademisi, mengajak investor, mengajak kemitraan media dan komunitas lainnya agar Kelurahan Nipah-Nipah dan Kabupaten Penajam Paser Utara ini menjadi kawasan penyedia wisata yang hijau berkelanjutan untuk IKN sebagian dari Nusantara baru. Salah satu upaya dari pemerintah pusat adalah Inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Ungkap Sadiaga.”

“Lebih lanjut Sandiaga Uno menambahkan, IKN ini akan mampu untuk mendatangkan jumlah wisatawan berkualitas yang cukup banyak Desa Mentawir, Desa Budaya Pampang, Kebun Raya Bukit Bengkirai dan Pantai Tanah Merah yang kami persiapkan dan tadi kami titip ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk minta disiapkan sekitar tujuh agar setiap kunjungan kita bisa menawarkan destinasi yang beragam keterbatasan itu pasti ada tetapi jika kita bergotong royong dengan partisipasi masyarakat saya sangat yakin desa wisata di Provinsi Kalimantan Timur bisa maju. 6016 desa wisata yang ada di Indonesia kita harapkan Provinsi Kalimantan Timur dan Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi bagian dari utama etalase Indonesia Baru dan Nusantara Baru yang berada di Provinsi Kalimantan Timur.”

“Harapan kami adalah untuk membangun Ecotourism agar nanti kunjungan ini tidak terputus karena wisatawan kesini tidak hanya untuk berkegiatan tetapi mereka juga ingin melihat aspek perkembangan pariwisata yang berkelanjutan dan berkelas dunia, selamat untuk Kelurahan Nipah-Nipah yang masuk 50 besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia Tahun 2024. Ujar Sandiaga Uno.”

Kegiatan Visitasi dan Penilaian lapangan 50 besar ADWI ditutup dengan penandatanganan prasasti dan penyerahan sertifikat 50 besar Desa Wisata terbaik di Indonesia Tahun 2024, Plakat, Mock Up Mitra.

(AL)

Leave a Reply

Close Menu