Skip to main content
BERITA

Pelatihan Kuliner dan Homestay Tingkat Lanjutan untuk Tingkatkan Daya Saing Wisata

By Juni 29, 2024No Comments

Semayang, 25 Juni 2024

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Pelatihan Penyajian Kuliner Tingkat Lanjutan dan Bimbingan Teknis Homestay Tingkat Lanjutan di Desa Semayang, Kecamatan Kenohan, Kabupaten Kutai Kartanegara. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kecakapan masyarakat dalam mengelola industri pariwisata lokal. Sebanyak 25 orang peserta yang terdiri dari para pelaku usaha kuliner dan pengelola homestay di desa tersebut ikut berpartisipasi dalam pelatihan ini.

Pelatihan Penyajian Kuliner Tingkat Lanjutan dan Bimbingan Teknis Homestay Tingkat Lanjutan diisi oleh akademisi dari Politeknik Negeri Samarinda Jurusan Pariwisata. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan lanjutan kepada para pelaku usaha kuliner dalam menyajikan kuliner kepada para wisatawan. Sedangkan Bimbingan Teknis Homestay Tingkat Lanjutan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para pengelola homestay dalam memberikan pelayanan yang lebih baik serta meningkatkan kualitas dan daya tarik homestay mereka.

Dalam melaksanakan kegiatas diatas, metode pembelajaran diberikan kepada peserta ialah penjelasan teori dan konsep dasar mengenai penyajian kuliner dan manajemen homestay melalui presentasi yang berguna untuk memberikan gambaran umum dan informasi komprehensif kepada peserta. Selain itu, peserta juga diberikan sebuah studi kasus, diskusi kelompok, dan kunjungan lapangan dengan meninjau lokasi homestay dan mempelajari konsep manajemen homestay yang dapat menjadi inspirasi dan contoh nyata.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Desa Semayang. Kepala Desa Semayang yang diwakili oleh Sekretaris Desa, Kamal Lurrosidi, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam pemberdayaan masyarakat untuk memajukan sektor pariwisata desa. “Kami berharap dengan keterampilan yang lebih baik, para pelaku usaha kuliner dan pengelola homestay dapat menarik lebih banyak wisatawan ke desa kami,” ujar Kamal.

Leave a Reply

Close Menu