9 Wisata Alam Kalimantan Timur Yang Jarang Terekspos

9 Wisata Alam Kalimantan Timur Yang Jarang Terekspos

Wisata alam Kalimantan Timur bukan hanya Pulau Derawan. Banyak danau biru yang jernih, bukit dengan pemandangan yang indah, dan banyak lainnya.

Salah besar kalau masih ada yang beranggapan bahwa wisata Kalimantan Timur hanya tentang Pulau Derawan dan Kakaban. Pulau yang pernah menjadi pusat pemerintahan kerajaan-kerjaan besar Indonesia seperti Kerajaan Kutai (beragama Hindu), Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura, dan Kesultanan Pasir ini dulu, mayoritas wilayahnya dikelilingi hutan hujan tropis yang lebat.

Kalimantan Timur yang dikenal dengan anggrek hitamnya yang tak ada duanya tidak hanya kaya akan keanekaragaman flora, tapi juga keindahan wisata alamnya. Berikut wisata alam Kalimantan Timur yang harus disinggahi selain Pulau Derawan dan Kakaban;

1. Menyelami jernih dan birunya danau tak berujung di Gua Haji Mangku seperti dalam film Sanctum

Sebenarnya, daripada dibilang gua, wisata alam Kalimantan Timur Gua Haji Mangku ini lebih tepat disebut danau. Mungkin, penyebutan nama gua ini dikarenakan pintu masuk menuju danau air payau yang jernih kebiruan ini harus melewati mulut gua terlebih dahulu.

Saat melewati pintu gua yang berair, pemandangan indah sekaligus menyeramkan akan menyambut. Danau berwarna kebiruan itu memiliki ruang sempit. Jika melihat lebih dalam ke arah danau, maka akan terlihat seperti jurang yang dalam di sana.

Lokasi: Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.


2. Menjadi saksi keunikan Batu Bernada di Gua Losan, batu yang memiliki bunyi dengan nada-nada berirama

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, Gua Losan berarti gua yang bisa tembus dari satu tempat ke tempat lainnya. Gua Losan ini berada di perbatasan antara Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, tepatnya di Kecamatan Muara Komam, Kab. Paser.

Saat mulai menginjakkan kaki di mulut gua, pemandangan staklaktit dan staklakmit yang mencuat dari atap dan dinding gua akan menyambut kedatangan para pengunjung. Tidak hanya pemandangan staklatit dan staklamit saja, Gua Losan menyimpan keunikan lain yaitu Batu Bernada. Saat memukul-mukul batu ini, akan terdengar bunyi-bunyi berirama seperti instrumen musik.

Memasuki Gua Losan tak bisa dilakukan sendiri, harus ditemani oleh juru kunci atau guide yang bisa mengantarkan masuk ke dalam menyusuri keindahan gua. Setiap pengunjung diharuskan untuk membawa penerangan. Harga tiket masuk Gua Losan ini sebesar Rp5000.

Lokasi: Kec. Muara Komam, Kab. Paser, Kaltim


3. Taman Batu Sembinai

Sudah pernah ke Stone Garden di Jawa Barat? Nah, Taman Batu Sembinai memiliki bentang alam yang mirip dengan Stone Garden Padalarang. Di antara hamparan hutan hijau lebat nan luas, tumbuh bebatuan tak beraturan berwarna abu-abu. Sangat cantik!

Tapi, untuk bisa menikmati keindahan alam hutan batu borneo ini, pengunjung harus menempuh perjalanan yang tidak mudah. Harus melewati jalanan berkelok, trekking yang menguras tenaga, namun terbayar lunas dengan keindahan yang tiada tara.

Untuk sampai ke puncak bukit, dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Jangan lupa persiapkan perbekalan seperti air minum, makanan ringan, obat-obatan bila dibutuhkan, webbing bagi kalian yang ingin menggapai puncak bebatuan tertinggi, dan tentu saja guide warga lokal supaya tidak tersesat.

Jika perjalanan dimulai dari Balikpapan, lanjutkan perjalanan menuju Tana Paser, Kab. Paser. Dari Tana Paser lanjutkan perjalanan menuju Batu Kajang, dilanjutkan ke Masjid Jami As-Salam. Dari sana, ikutilah petunjuk jalan menuju wisata alam Batu Sembinai.

Lokasi: Desa Kasungai, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur


4. Menyusuri danau dengan perahu di Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo

Tulung Ni’ Lenggo merupakan telaga berwarna biru jernih yang berada di Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau. Sudah setahun ini, wisata Ni’ Lenggo ramai dikunjungi warga sekitar. Jernihnya air telaga menjadi spot yang pas untuk merileksasikan diri.

Di Tulung Ni’ Lenggo, wisatawan bisa mengelilingi telaga menggunakan perahu yang disediakan atau berenang-renang menikmati kesegaran air danau. Suasana keasrian alam dan ketenangan suasana perkampungan menjadikan wisata alam Kalimantan Timur ini ramai dikunjungi saat liburan. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp5000, rasanya keindahan alam Kalimantan Timur ini sangat sayang kalau dilewatkan.

Lokasi: Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau

 

5. Merasakan langsung kesegaran yang murni dan menyejukkan: Jantur Mapan

Jika memiliki waktu luang yang berlebih, tak ada salahnya berkunjung ke Kutai Barat. Anda akan menjumpai air terjun alami yang kesegaran dan kesejukannya memiliki kualitasnya sendiri.

Jantur Mapan amatlah mencuri perhatian. Bukan hanya letaknya yang tak jauh dari jalan utama, tapi juga tampilan, kesegaran dan kesejukan airnya.
Nuansa alami begitu terasa karena lokasi Jantur Mapan yang dikelilingi tebing batu dan pepohonan. Puncak tebing yang tak terlalu tinggi membuat air dari aliran anak Sungai Mahakam jatuh dengan elok.

Dari jalan, untuk bisa sampai ke lokasi, ada belasan anak tangga dari kayu ulin yang harus dijajaki, plus sedikit semburan air dari air terjun.
Jantur Mapan

Lokasi: Jalan Sengkereaq Kebont, Barong Tongkok, Juhan Asa, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.


6. Bercengkrama dengan rusa di Penangkaran Desa Api-Api

Kalimantan timur menjadi surganya hewan-hewan eksotis. Selain ikan manta, hiu tutul, orangutan dan monyet ekor panjang, juga penyu Hijau, Anda juga bisa menemui rusa-rusa liar yang berkeliaran.
Tapi bagi Anda yang ingin bercengkrama langsung dengan mamalia herbivora ini dari dekat, bisa langsung berkunjung ke Penangkaran Rusa Desa Api-Api, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sistem penangkaran dilakukan setelah sebelumnya ada perburuan untuk mendapatkan tanduk dan daging rusa. Kini rusa dengan jenis rusa sambar tersebut masuk dalam hewan langka dan dilindungi.

Di penangkaran ini, rusa dibiarkan berkeliaran dalam wilayah tertentu. Wisatawan bisa ikut memberikan makan, atau bahkan berfoto bersama.

Lokasi: Jalan Provinsi KM 32, Desa Api-api, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.


7. Bermain dan belajar seru sekaligus menantang: Woody Park

Ingin bermain, menguji adrenalin sekaligus berselfie atau wefie bersama sahabat? Woody Park menyediakan semuanya buat Anda.
Bagi Anda yang ingin bermain, Woody Park menyediakan lahan khusus untuk kegiatan outbound. Bahkan ada sesi khusus buat si kecil yang ingin melayang dan meluncur di udara dengan bantuan tali itu.

Tangga tali juga disediakan untuk siapa pun yang ingin melihat Woody Park dari ketinggian. Atau ingin mencoba panjat dinding? Tapi harus hati-hati, ya!

Para penikmat selfie dan wefie, banyak spot menarik yang bisa memuaskan dahaga kalian. Mulai dari perbukitan, taman, pepohonan hingga kuda-kuda yang dibiarkan bebas berkeliaran begitu saja di tanah lapang.

Lokasi: Jl. Syarifuddin Yoes, Sepinggan, Balikpapan Sel., Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.


8. Mengiringi sunset di tepi bendungan: Waduk Manggar

Embung Nglangeran menjadi salah satu tujuan wisata baru yang hits di Yogyakarta, sementara di Kalimantan Timur, ada kembarannya yang dinamai Waduk Manggar.
Secara khusus, Waduk Manggar memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan air bersih di kota Balikpapan. Namun karena potensi dan keindahan yang dimiliki, Waduk Manggar juga dikembangkan sebagai salah satu spot wisata yang cukup menarik.
Ada beberapa spot menarik untuk Anda bisa berfoto-foto di sini, di antaranya jembatan penyeberangan kayu yang berbentuk melingkar.

Atau jika ingin mendapatkan sensasi yang wah, Anda bisa datang di waktu sore saat matahari menuju peraduannya di ufuk barat. Sunsetnya keren abis!

Lokasi: Jl. PDAM, Karang Joang, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.


9. Taman air seru bernuansa Karibia: Caribbean Water Park

Karibia dikenal dengan suasana pantainya yang eksotik, plus identik dengan bajak laut.
Tema itu yang kemudian diusung di The Caribbean Island Water Park. Dengan bertema bajak laut, The Caribbean Water Park menawarkan kesempatan bermain air dengan beragam keceriaan.

Ada perosotan misterius yang bisa Anda jajal di sini. Untuk si kecil, Monyet Slide, Gajah Slide dan Pirate Great Head siap memberikan keceriaan.

Beragam fasilitas juga disusun untuk memanjakan pengunjungnya. Untuk berwisata bersama keluarga, tempat ini pastinya menjadi spot yang pas buat dikunjungi.

Lokasi: Perumahan Balikpapan Regency, Kol. Syarifuddin Yoes II ( Ring Road II ), Jalan Ruhui Rahayu, Sepinggan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur

 

 

Dikutip dari : 

https://phinemo.com/9-wisata-alam-kalimantan-timur-yang-bisa-jadi-referensi-libur-panjang-ini/

https://indonesia.tripcanvas.co/id/kalimantan/tempat-wisata-alam-kalimantan-timur/

 

Komentar