Event Pariwisata Planet Tourism Indonesia Digelar Secara Daring (Online)

Event Pariwisata Planet Tourism Indonesia Digelar Secara Daring (Online)

Untuk pertama kalinya Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur mengikuti event pariwisata Planet Tourism Indonesia (PTI) yang digelar secara daring (online) melalui via aplikasi Hopin, Rabu (29/7).

Acara PTI 2020 dimulai pada pukul 09.00 hingga 18.00 wita, dengan mengusung tema New, Next and Post.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Timur Dra. Sri Wahyuni, MPP,  "Acara ini merupakan sesuatu hal baru bagi dispar, kami tetap dapat mengikuti kegiatan pameran secara Internasional dan memperkenalkan kalimantan Timur secara luas namun tetap dalam keadaan aman, karena acara digelar secara virtual"



"Selain itu, disini tim kami juga diuji daya kreatifitasnya karena untuk mengikuti kegiatan PTI 2020 ini kami harus menyulap sebuah ruangan yang didesain layaknya booth yang digunakan dalam pameran. Tak hanya itu saja, kami juga mengajak serta stake holder DISPAR yaitu agent travel dan resort untuk mengikuti kegiatan ini karena event ini merupakan sasaran yang tepat bagi mereka untuk  menawarkan secara langsung  paket-paket wisata yang akan mereka jual", Pungkas Sri Wahyuni.

Sesaat setelah Pembukaan PTI 2020, Hermawan Kertajaya selaku  Founder & Chairman MarkPlus sekaligus penyelenggara berkunjung ke virtual booth Dispar Kaltim dan berinteraksi dengan Sri Wahyuni dan salah satu Resort yg ada di Maratua. Hermawan mengatakan Taman Nasional Kutai sangat berpotensi menjadi destinasi pilihan pada masa pandemi karena Nature menjadi preferensi wisatawan. Dia juga berharap bisa datang ke Maratua dan ingin melihat langsung ekowisata bahari di berau ini.

"masa krisis sekarang bisnis pariwisata dituntut untuk menyiapkan strategi di era covid-19. Lanskap industri ini akan berubah drastis, sehingga selain berusaha survive, harus optimis dan memiliki rencana untuk beradaptasi dengan dunia pariwisata post covid-19," tambahnya.

“Kita gelar acara ini secara virtual karena kondisi saat ini yang paling memungkinkan ya secara online. Selain itu, dengan online kita bisa menjangkau lebih banyak peserta lagi, buktinya sudah ada peserta dari luar negeri yang berpartisipasi, seperti dari negara Malaysia,” jelasnya lagi.

Adapun pembicara yang hadir dalam Planet Tourism Indonesia 2020 berasal dari pelaku pariwisata nasional maupun internasional, di antaranya Wiratno selaku Dirjen Konservasi SDA dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Hariyadi Sukamdani selaku Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Frans Teguh sebagai Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Mario Hardy selaku CEO Pacific Asia Travel Association (PATA) dan Randy Durband selaku CEO Global Sustainable Tourism Council (GSTC).

Setidaknya ada sekitar 33 pembicara yang mengisi kegiatan ini secara virtual. Yang dimulai dari pagi hingga sore hari.

Kegiatan virtual serupa baik utk promosi pariwisata, maupun penciptaan ruang kreasi bagi pelaku ekraf akan menjadi pilihan utama guna mendukung bangkitnya pariwisata Kaltim pada era new normal dimana adaptasi kebiasaan baru dg penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan covid-19 tidak mengurangi optimisme pasar wisata dan kretivitas pelaku industri pariwisata & ekraf.

Komentar